Tanpa Menghapus Aplikasi, Inilah Cara Mengosongkan Ruang Penyimpanan HP

52

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Jakarta, itechmagz.id– HP dengan memori penuh membuat HP lemot dan bekerja tidak optimal. Selain itu, kita tidak dapat mengunduh aplikasi baru dan sejumlah aplikasi yang sudah ada tidak dapat dibuka sebelum mengosongkan ruang penyimpanan.

Yang sering menjadi masalah, ini terjadi meskipun kita merasa tidak pernah menyimpan banyak file dan tidak memiliki banyak aplikasi. Tentunya kita tak mau sembarangan menghapus aplikasi, karena mungkin kita anggap penting.

Nah, dalam artikel ini akan kita ulas 7 cara mengosongkan ruang penyimpanan tanpa menghapus aplikasi.

Cara Mengosongkan Ruang Penyimpanan Tanpa Menghapus Aplikasi

Berikut ini 7 cara mengosongkan ruang penyimpanan tanpa menghapus aplikasi:

1. Hapus Foto dan Video Aplikasi Messenger
Aplikasi messenger seperti WhatsApp dan Telegram termasuk aplikasi yang memakan banyak ruang penyimpanan. Selain menyimpan percakapan, aplikasi ini juga menyimpan foto dan video yang kamu unduh maupun kamu kirim kepada teman.

Kamu bisa menghapusnya lewat galeri maupun file manager. Di file manager, kamu bisa ketik ‘whatsapp’ di kolom pencarian. Setelah masuk folder ‘WhatsApp’, masuk ke ‘Media’, kemudian masuk ke folder images, audio, video, dan sebagainya.

Di setiap folder terdapat folder ‘Sent’ yang berisi file yang telah kamu kirim. Hapus file tersebut jika sudah tidak terpakai.

2. Hapus Database WhatsApp
Selain data foto, audio, dan video, WhatsApp juga memakan banyak ruang penyimpanan untuk database. Secara otomatis WhatsApp menyimpan percakapan ke dalam database setiap hari. Semakin sering kamu menggunakan WhatsApp, maka ukuran file di database akan semakin besar.

Kamu bisa mencarinya lewat file manager seperti cara di poin sebelumnya. Setelah masuk ke folder ‘WhatsApp’, masuk ke folder ‘Database’. Hapus beberapa atau seluruh file database.

3. Kosongkan Cache
Cache adalah file sementara yang tersimpan otomatis oleh aplikasi. Misalnya ketika menonton video YouTube, secara tidak langsung kamu sudah mengunduh video tersebut, namun dalam bentuk cache.

Adsense

Aplikasi yang memiliki file cache selain YouTube, antara lain Instagram, TikTok, aplikasi browser, marketplace, dan aplikasi streaming film.

Kamu bisa menghapus cache lewat ‘Settings’ atau ‘Pengaturan’, kemudian ‘Apps’. pilih aplikasi, pilih ‘Storage’, terakhir pilih ‘Clear cache’.

4. Hapus Unduhan YouTube
YouTube memiliki fitur ‘Download’ sehingga kamu bisa memutar video yang kamu sukai secara berulang tanpa kehabisan kuota internet.

Namun hal ini juga akan mengurangi ruang penyimpanan. Hapus unduhan YouTube untuk mengosongkan ruang penyimpanan.

5. Hapus File Besar dan Tak Lagi Digunakan
Smartphone biasanya sudah menyediakan fitur untuk menganalisis ruang penyimpanan. Fitur ini dapat dimanfaatkan untuk mencari file yang besar dan file lama. Hapus file tersebut jika sudah tidak lagi digunakan.

6. Hapus File Sampah
Kamu juga bisa menghapus file sampah atau junk files untuk mengosongkan ruang penyimpanan. Gunakan bantuan aplikasi penghapus sampah atau file manager seperti ‘Files’ dari Google.

7. Bersihkan Tong Sampah dan Restart HP
Setelah menghapus file foto, video, database WhatsApp, dan sebagainya, mungkin kamu masih melihat ruang penyimpanan masih penuh.

Coba cek tong sampah atau ‘trash’, karena kemungkinan file yang kamu hapus masih berada di situ. Selain itu, kamu juga bisa coba restart HP untuk melihat perubahannya.

Cara Mencegah Ruang Penyimpanan Cepat Penuh
Setelah mengetahui cara mengosongkan ruang penyimpanan tanpa menghapus aplikasi, kamu juga harus tahu cara mencegah agar ruang penyimpanan tidak cepat penuh. Caranya adalah sebagai berikut:

  • Atur penyimpanan kamera di kartu memori.
  • Pindahkan file ke kartu memori.
  • Aktifkan penyimpanan otomatis ke Google Photos, lalu hapus foto/video di HP yang sudah tersimpan otomatis di Photos.
  • Simpan file di cloud storage seperti Google Drive dan Dropbox.
  • Tak perlu simpan lagu dan film, cukup gunakan aplikasi streaming.

Nah, demikian 7 cara mengosongkan ruang penyimpanan tanpa menghapus aplikasi yang bisa kamu coba. Semoga bermanfaat.

(Sumber: Detik)

Advertisements

Comments are closed.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More