Terjun ke Digital, Pos Indonesia Semakin Lincah Tingkatkan Layanan

996

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Jakarta,Itechmagz.co.id PT Pos Indonesia (Persero) terus melakukan transformasi untuk mengikuti perubahan zaman dengan menyediakan layanan digital. Perseroan yang akan berumur 277 tahun itu menyadari, tansformasi digital menjadi roda pendorong bisnis perseroan di tengah pesatnya perkembangan teknologi.

“Pos Indonesia tahun ini berusia 277 tahun, PT Pos Indonesia bergelut pada bidang Kurir & Logistik dan Jasa Keuangan. Pada tahun 2021 kami menyediakan layanan digital melalui aplikasi PosAja! dan Pos Pay,” ungkap Direktur Oprasional dan Digital Service Pos Indonesia, Hariadi saat penjurian Digitech Award 2023 yang dilakukan secara daring, pada Kamis (15/03/2023).

Transformasi digital dilakukan Pos Indonesia pada layanan kurir dan logistik, melalui aplikasi PosAja!. PosAja! adalah layanan kurir berbasis platform fully digital. Aplikasi PosAja! yang dibentuk pada pertengahan tahun 2021 lalu itu bertujuan untuk menjawab tantangan layanan kurir digital yang menuntut serba cepat, murah, mudah, dan sederhana. Dulu, sebelum ada transformasi digital, produk pos hanya tersedia pengiriman reguler yang membutuhkan waktu lebih lama.

Namun saat ini, Pos Indonesia sudah memiliki layanan premium instan untuk pengiriman paket dan surat dalam kota dengan batas waktu maksimal tiga jam, serta layanan pengiriman sameday dan next day. Selain itu, perseroan juga sudah bekerja sama dengan beberapa e-commerce seperti Shopee, Tokopedia, dan Bukalapak terkait jasa pengiriman barang.

Hingga kini, Pos Indonesia terus mendorong digitalisasi dan modernisasi system yang terintegrasi untuk meningkatkan layanan digital Pos Indonesia .

Adsense

“Dari sisi teknolgi, digital ecosystem Pos Indonesia (Persero), kita memiliki digital extended core. Baik core biro system untuk layanan jasa keuangan, maupun core kurir & logistic service yang keduanya memiliki akses untuk melakukan external integration platform melalui SuperApps dengan beberapa mita atau customer yang lain. Kemudian, secara internal kita memiliki internal integration platform terhadap beberapa supporting system, baik itu enterprice resources, general support, compliance, automation dan opration dan tentu ini didukung dengan Big Data, Infrastructure And Multi Cloud dan Security,” ucap Hariadi.

Hariadi menambahkan, kedepan Pos Indonesia akan menjadikan SuperApps sebagai satu-satunya aplikasi layanan digital Pos Indonesia. Di SuperApps nantinya akan dihadirkan beragam produk milik Pos Indonesia maupun milik mitra-mitra Pos Indonesia.

Selain itu, dalam proses digitalisasi PT Pos Indonesia telah menerapkan Infrastructure As A Service (IAAS), Platform As A Service (PAAS), Software As A Services (SAAS) sejak tahun 2018.

“Jadi, 80% dari total aplikasi PT Pos Indonesia sudah migrasi ke Cloud dan perusahaan telah menggunakan konsep Multi-Cloud,” terang Hariadi.

Advertisements

Comments are closed.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More