Ekosistem Digital Jadi Kunci BTN Wujudkan Mimpi Menapaki Puncak Asia Tenggara

718

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Jakarta, Itechmagz.id Di era digital yang menuntut perubahan pada segala aspek kehidupan seperti saat ini, membuat kehadiran perangkat aplikasi dibutuhkan untuk mempercepat pekerjaan menjadi lebih mudah dan efisien, mempersingkat waktu seketika, bahkan membuat segala yang dilakukan tidak lagi membutuhkan kehadiran fisik.

Kini, sejumlah penyedia jasa layanan aplikasi popular pun banyak digunakan di masyarakat. Mulai dari jasa transportasi, sistem perdagangan elektronik, sistem antar barang dan jasa seperti kurir hingga sistem aplikasi perbankan, yang lebih dikenal sebagai mobile banking system (sistem layanan perbankan bergerak/mobile).

Sebagai salah satu bank yang bertekad segera mewujudkan ambisinya menjadi bank terbaik di segmen pembiayaan perumahan atau menjadi “best mortgage” bank di Asia Tenggara, Bank BTN (Bank Tabungan Negara) telah melakukan berbagai persiapan dalam proses transformasi digital.

Berdasarkan laporan presentasi pada tahun 2020, emiten bersandi saham BBTN ini telah merumuskan langkah-langkah untuk mencapai visi tahun 2025. Salah satu strategi BTN adalah mengembangkan ekosistem digital untuk memenuhi kebutuhan griya atau rumah bagi masyarakat.

Hal itu menjadi fokus yang kembali ditekankan oleh Direktur Utama Bank BTN Haru Koesmahargyo, seperti disampaikan dalam rapat kerja perseroan pada 27 Januari 2023 lalu.

“BTN berkomitmen untuk mengembangkan digital channel ekosistem yang dapat memenuhi kebutuhan masyarakat dari sisi hunian,” ungkap Haru, ditulis Senin (06/03/2023).

Pengembangan ekosistem digital bagi BTN seperti menjadi sebuah kunci untuk kemudahan akses mencari rumah. Hanya melalui satu genggaman diyakini mampu memperluas cakupan permintaan Kredit Pemilikan Rumah (KPR) di masyarakat.

Adsense

Disamping itu, Direktur IT & Digital Bank BTN, Andi Nirwoto, juga menjelaskan kemunculan SupperApp BTN Mobile, bank BUMN diharapkan bisa memberikan pelayanan lebih baik, melalui pemanfaatan teknologi digital yang sudah menjadi kekuatan ekosistem.

“Dengan masuknya sistem kami secara terdigitalisasi, kami tidak hanya memberikan solusi para pengguna melainkan secara komprehensif kami menggunakan ekosistem mortgage (perumahan) sebagai kekuatan BTN. Karena itu konsep solusi digital kami dengan BTN Mobile mengkombinasi  antara kekuatan teknologi dengan kekuatan ekosistem, dan ini yang membedakan dengan SuperApp lainnya,” ungkap Andi pada acara HUT ke-73 Bank BTN.

BTN Mobile disebut sebagai SuperApp, karena memiliki fitur finansial yang terkait dengan siklus kehidupan dalam ekosistem di sektor perumahan.

“Jadi BTN Mobile melayani nasabah mulai dari kepemilikan rumah, sampai segala kebutuhan di dalamnya, di luar kebutuhan transaksi dasar seperti untuk pembayaran listrik, air, gas, pajak (PBB). Konsep utama BTN Mobile menyediakan segala kebutuhan dari ekosistem perumahaan para nasabah BTN.  Ini yang akan membedakan dengan aplikasi bank lainnya,” jelasnya.

Andi mengakui ketatnya daya saing industri perbankan nasional dalam aplikasi mobile banking, sehingga fungsi utama transaksi pembayaran rutin bulanan seperti tagihan listrik, telepon, air PDAM, sampai pelayanan pra bayar untuk top up uang elektronik, token listrik semuanya dilakukan fungsi financial technology maupun layanan e-commerce.

Dengan demikian, BTN Mobile selain mencakup fitur fungsi utama pembayaran (payment) juga termasuk fitur pembelian (purchase), seraya mengedepankan kekuatan ekosistemnya.

“Kami menyasar sekitar 5 sampai 7 juta nasabah poternsial kami yang terkait dengan kebutuhan Kredit Pemilikan Rumah (KPR), dan akan segera bertransformasi menggunakan BTN Mobile,” pungkas Andi.

Advertisements

Comments are closed.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More