Informasi Bisnis dan Ekonomi

Shadow Luncurkan Layanan Penyimpanan Cloud Shadow Drive

5

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

- Advertisement -

Jakarta, Itech- Shadow kini resmi menjadi perusahaan teknologi dengan dua produk berbeda. Selain layanan cloud computing yang bekerja sangat baik untuk game, perusahaan meluncurkan Shadow Drive, layanan penyimpanan cloud berbasis Nextcloud.

“Sekarang sudah satu setengah tahun sejak Octave Klaba mengakuisisi Blade dengan visi: menghilangkan hambatan teknologi dan menghadirkan kekuatan komputasi cloud untuk semua orang,” kata co-founder dan wakil CEO Stéphane Héliot pada konferensi pers di Paris dilansir dari techcrunch.com pada Kamis (24/11).

Octave Klaba adalah pendiri OVHcloud dan dia mengakuisisi Shadow (sebelumnya disebut Blade) untuk menyelamatkannya dari kebangkrutan. Sejak saat itu, OVHcloud telah menjadi mitra penting bagi Shadow. Semua server Shadow telah dipindahkan ke pusat data OVHcloud.

Pada Mei 2022, perusahaan meluncurkan peta jalannya untuk masa mendatang. Ini melibatkan tiga pilar yang berbeda — layanan komputasi awan untuk konsumen yang telah menjadi produk andalan Shadow sejak hari pertama, layanan penyimpanan awan baru, dan penawaran yang dibuat khusus untuk bisnis.

Setelah beberapa minggu pengujian, Shadow secara resmi meluncurkan layanan penyimpanan cloud Shadow Drive. Jika pengguna telah mengikuti proyek Octave Klaba, pengguna mungkin ingat usahanya sebelumnya di luar angkasa dengan hubiC. Itu dirancang sebagai pesaing Dropbox, Google Drive atau Microsoft OneDrive tetapi tidak pernah benar-benar berhasil.

Shadow menekan tombol reset dengan Shadow Drive. Kali ini perusahaan menggunakan Nextcloud sebagai fondasinya. Jika pengguna tidak terbiasa dengan Nextcloud, ini adalah aplikasi penyimpanan online sumber terbuka populer yang dapat pengguna jalankan di server penguna sendiri.

Shadow Drive adalah layanan yang dihosting, artinya pengguna tidak perlu menjalankan server sendiri atau mengelola apa pun, sama seperti WordPress.com yang dapat mengelola situs web WordPress untuk penggunanya. Pengguna bisa mendapatkan akun gratis dengan penyimpanan 20 GB atau membayar $8,99 atau €8,99 per bulan untuk penyimpanan 2 TB. Setelah itu, mereka dapat menyimpan, membagikan, dan menyinkronkan file sehingga file tersebut dapat diakses melalui browser web, aplikasi desktop, atau aplikasi seluler.

Adsense

Peluncuran ini hanyalah langkah pertama karena Shadow Drive masih dalam proses. Aplikasi iOS masih dalam versi beta misalnya. Perusahaan juga berencana menambahkan dukungan WebDAV sehingga pegguna dapat menambahkan akun penyimpanan cloudnya  sebagai drive jaringan di File Explorer di Windows atau Finder di macOS. Akan ada lebih banyak modul Nextcloud di masa mendatang. (DAF)

Baca Juga: Twitter Sebut Bug Keamanan Android Berikan Akses Ke Pesan Langsung

Baca Juga: Meta Uji Platform Live Streaming Bagi Influencer Bernama Super

Baca Juga: Intip Serunya Menginap di Vega Hotel Gading Serpong

Baca Juga: YouTube Sedang Uji Cara Baru Bagi Pembuat Konten Terpilih Untuk Promosikan Konten Mereka

Baca Juga: Ketua MPR RI Resmikan Kantor Penambangan Kripto Terbesar Di Indonesia

Baca Juga: Apple Luncurkan IPhone 14 Dan IPhone 14 Plus

Advertisements

Comments are closed.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More