Kia, Hyundai Digugat setelah TikTok viral yang Sebabkan Angka Pencurian

130

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Jakarta, Itech- Tantangan TikTok yang sedang tren untuk mempublikasikan teknik mencuri merek dan model tertentu dari kendaraan Kia dan Hyundai menyebabkan pencurian kendaraan melonjak di seluruh negeri, menurut laporan dari beberapa departemen kepolisian yang dilansir dari techcrunch.com pada Kamis (22/09) .

Sekarang, Kia dan perusahaan induknya, Hyundai, digugat oleh korban yang marah.

Pada hari Rabu, gugatan class action nasional diajukan terhadap pembuat mobil untuk cacat yang diekspos. Gugatan, yang diajukan di pengadilan federal di Orange County, California, menuduh bahwa Kias yang dibangun antara 2011 dan 2021 dan Hyundai yang dibangun dari 2015 hingga 2021 yang dilengkapi dengan mesin kunci tradisional, bukan fob tanpa kunci, “sengaja” dibangun tanpa ” immobilizer mesin.”

Perangkat yang tampaknya penting, murah, dan sangat umum ini dimaksudkan untuk mencegah mobil dari pencurian.

Kia dan Hyundai menolak untuk mengomentari litigasi yang tertunda tetapi mengatakan bahwa immobilizer menjadi standar pada kendaraan mereka setelah 1 November 2021.

Sejak “Kia Challenge” mulai muncul di TikTok dan kemudian YouTube pada bulan Juli, polisi di beberapa kota telah melaporkan beberapa statistik pencurian mobil yang serius. Di St. Petersburg, Florida, lebih dari sepertiga dari semua pencurian mobil dapat dikaitkan dengan tantangan tersebut, menurut laporan CNBC. Di Chicago, jumlah itu mencapai 77%, yang merupakan peningkatan 767% dalam pencurian Kia dan Hyundai, menurut penasihat komunitas dari Departemen Kepolisian Chicago yang menghubungkan pencurian dengan tantangan TikTok.

Meskipun fakta bahwa banyak dari pencurian ini direkam dalam video dan dipublikasikan secara online seharusnya membuat mereka lebih mudah ditemukan, penggugat berpendapat bahwa biaya perbaikan seringkali cukup besar. TikTokers pertama-tama harus masuk ke mobil, yang berarti memecahkan jendela dan melepaskan kolom kemudi, belum lagi kerusakan joyride jaminan, yang dapat melebihi $ 10.000 menurut gugatan itu.

Adsense

Gugatan tersebut berpendapat bahwa tantangan tersebut bahkan telah menyebabkan masalah rantai pasokan – suku cadang yang diperlukan untuk memperbaiki kendaraan yang dipulihkan telah tertunda karena permintaan yang tinggi.

Hyundai mengatakan akan mulai menjual dan memasang peralatan keamanan yang seharusnya melindungi dari metode yang digunakan pencuri masuk untuk membobol kendaraan di dealer Hyundai di seluruh negeri. Pembuat mobil juga bekerja sama dengan departemen kepolisian untuk menyediakan kunci roda kemudi.

Terlepas dari absurditas yang menggelikan dari situasi ini, pencurian mobil ini memiliki konsekuensi nyata pada kehidupan orang-orang. Stephanie McQuarrie, salah satu dari tiga penggugat yang disebutkan namanya, mengatakan dia bangun pada pagi hari tanggal 11 September untuk menemukan Kia Optima 2015 miliknya hilang dari jalan masuk rumahnya di Davenport, Florida, membuatnya tidak dapat pergi bekerja, yang mengakibatkan hilangnya pekerjaannya.

Mobil itu kemudian ditemukan di pinggir jalan raya, tidak dapat dihidupkan, dan diduga mengalami kerugian total.

Untuk bagiannya, TikTok memiliki kebijakan yang meminta pengguna untuk tidak memposting, mengunggah, mengalirkan, atau membagikan konten yang mempromosikan perusakan atau perusakan properti.

Jadi, jika pengguna juga mencari video instruksional tentang cara menyambungkan salah satu kendaraan yang sekarang terkenal ini, mereka kurang beruntung. Alih-alih video instruksional, pengguna lebih mungkin menemukan bukti setelahnya, termasuk video kerusakan yang terjadi, ILM dari warga yang peduli, dan kiat tentang cara agar mobil Anda tidak dicuri oleh Kia Boys keliling. (DAF)

Advertisements

Comments are closed.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More