Perluas Bisnis Periklanan, Apple Uji Iklan Pencarian di Maps

42

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Jakarta, Itech- Apple berencana untuk membawa iklan ke lebih banyak aplikasi pihak pertama. Menurut Mark Gurman dari Bloomberg yang dikutip dari engadget.com pada Selasa (16/08), perusahaan telah melakukan pengujian internal terhadap versi Maps yang menampilkan iklan pencarian.

Apple sudah menggunakan iklan serupa di App Store
Pengembang dapat membayar perusahaan agar perangkat lunak mereka muncul di bagian atas halaman hasil pencarian saat pengguna memasukkan istilah tertentu. Gurman menyarankan iklan pencarian di Maps akan bekerja dengan cara yang hampir sama. Misalnya, sebuah restoran Jepang dapat membayar Apple agar bisnis mereka muncul lebih tinggi di daftar lokal saat orang menggunakan istilah pencarian seperti “sushi.”

Gurman yakin Apple dapat menerapkan iklan serupa di aplikasi Podcast dan Bukunya. Dia mengatakan perusahaan dapat mulai menawarkan tingkat yang didukung iklan melalui Apple TV+.

Gurman mengaitkan potensi dorongan tersebut dengan Todd Teresi, wakil presiden yang bertanggung jawab atas divisi periklanan perusahaan. Teresi baru-baru ini mulai melapor langsung ke kepala layanan Eddy Cue dan dilaporkan telah berbicara tentang memperluas dampak timnya secara besar-besaran.

Kemudian Divisi ini menghasilkan sekitar $ 4 miliar pendapatan tahunan. Ambisi Teresi adalah meningkatkan angka itu menjadi dua digit. Hal itu akan membutuhkan perluasan yang signifikan dari upaya periklanan Apple saat ini.

Dorongan iklan yang lebih luas akan menjadi perubahan besar bagi perusahaan yang, setidaknya secara eksternal, memposisikan dirinya sebagai juara privasi pengguna. Dengan rilis iOS 14.5, Apple memperkenalkan fitur yang disebut Transparansi Pelacakan Aplikasi. Prompt memungkinkan pengguna untuk mencegah aplikasi mencatat aktivitas penggunnya di seluruh aplikasi dan situs web lain.

Pada tahun 2022, diperkirakan kebijakan tersebut akan merugikan perusahaan induk Facebook Meta sekitar $ 13 miliar dalam pendapatan yang hilang. Ketika Apple mengumumkan ATT di WWDC 2020, perusahaan secara terbuka mengatakan bahwa mereka merancang fitur tersebut untuk melindungi privasi pengguna.

Adsense

Sebuah laporan baru-baru ini dari The Wall Street Journal, yang mengatakan perusahaan mengejar kesepakatan pembagian pendapatan dengan Facebook, menunjukkan motivasinya dengan ATT mungkin tidak terlalu altruistik. (DAF)

Baca Juga: Twitter Sebut Bug Keamanan Android Berikan Akses Ke Pesan Langsung

Baca Juga: Meta Uji Platform Live Streaming Bagi Influencer Bernama Super

Baca Juga: Intip Serunya Menginap di Vega Hotel Gading Serpong

Baca Juga: PTPP Dukung Proyek Strategis Nasional Pipa Cisem

Baca Juga: Brantas Abipraya Kebut Selesaikan Bendungan Ciawi

Advertisements

Comments are closed.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More