Penulis: Robert Wildner (CEO AVOW)
Saat dunia pulih dari COVID-19 sejak wabah pertama kali merebak pada tahun 2020, banyak pertandingan olahraga mulai menerima lebih banyak penonton dan menarik audiens dari seluruh dunia. Pertandingan olahraga ditonton oleh masyarakat di seluruh dunia, seperti putaran final Euro 2020 yang berhasil menarik 31 juta penonton di BBC dan ITV. Berbagai pertandingan olahraga besar yang diadakan tahun ini, seperti FIFA World Cup, Wimbledon, UEFA Champions League Finals, dan sebagainya. Statistik ini memberikan informasi tentang pentingnya pertandingan olahraga dan bahwa pemasar harus memanfaatkannya untuk mengiklankan aplikasi olahraga mereka.
Dengan begitu banyak audiens yang harus dijangkau, pemasar seluler memiliki banyak sekali peluang agar dapat unggul di pasar untuk menunjukkan dan mengiklankan aplikasi olahraga mereka. Yang pertama, mari kita evaluasi jumlah penonton dari berbagai pertandingan olahraga besar yang akan diadakan pada tahun 2022 di seluruh dunia.
Indian Premier League Penjualan iklan IPL tahun ini telah melampaui 530 juta USD platform streaming seperti Disney+ Hotstar diharapkan dapat meningkatkan pendapatan iklan mereka sebesar 25% karena jumlah pertandingan yang diadakan di IPL 2022 juga meningkat sebesar 20%.
UEFA Champions League Jumlah penonton putaran final Champions League pada tahun 2018 yang diadakan di Kiev di seluruh dunia mencapai 380 juta orang. Sebaliknya, putaran final Champions League di tahun 2021 paling banyak ditonton dalam enam tahun terakhir dengan 700 juta penonton di seluruh dunia.
Wimbledon Tahun lalu, jumlah penonton final tunggal Wimbledon di akhir pekan mencapai puncak dengan 1.6 juta penonton untuk Ladies’ Championship di hari Sabtu dan 2.6 juta penonton untuk Gentlemen’s Championship di hari Minggu. Tour de France Pertandingan sepeda paling besar diadakan setiap tahun di musim panas di Prancis. Pada tahun 2021, pertandingan ini menarik audience televisi sebanyak 150 juta penonton di seluruh Eropa.
Fifa World Cup Turnamen yang diikuti oleh 32 tim akan untuk pertama kalinya diadakan di kawasan Timur Tengah tahun ini. Menurut data audience untuk liputan siaran resmi Fifa World Cup 2018, sebanyak 3.572 miliar penonton – lebih dari setengah penduduk global berusia empat tahun ke atas – menonton pertandingan sepak bola terbesar di dunia ini.
Ini akan membantu pemasar seluler mengidentifikasi pertandingan yang paling relevan untuk menjangkau audience yang lebih baru dan lebih luas di Mobile OEM, agar mereka dapat meningkatkan jangkauan dan audience untuk aplikasi olahraga.
Memperluas jangkauan dengan mobile OEM
Mobile OEM (Original Equipment Manufacturers) adalah produsen smartphone seperti Xiaomi, Huawei Oppo, Vivo, dan Samsung yang memiliki pengguna global ekivalen dengan pangsa pasar global sebesar 48% per Desember 2021. Mobile OEM memiliki app store sendiri untuk perangkat mereka, yang juga dikenal sebagai app store alternatif, dan menjual kembali inventaris mereka, sehingga pengembang dan pemasar aplikasi seluler dapat memanfaatkan basis pengguna mereka yang luas selama pertandingan olahraga puncak ini pada tahun 2022. Mobile OEM menyediakan aplikasi olahraga kepada miliaran audience di seluruh dunia dan membantu pemasar seluler meraih target akuisisi pengguna aplikasi mereka.
Pertandingan olahraga menarik jutaan audience setiap hari dan menjadi peluang yang sangat baik bagi pemasar aplikasi olahraga untuk menjangkau pasar dengan potensi yang luar biasa agar mereka bisa mendapatkan akses ke pengguna yang paling relevan dalam kategori mereka dengan mobile OEM dan mendorong tindakan pengguna di aplikasi mereka.
Kenapa pemasar aplikasi olahraga harus memanfaatkan pertandingan olahraga besar di tahun 2022 dengan semaksimal mungkin?
Olahraga adalah bahasa universal yang menghubungkan semua pihak. Seluruh industri diuntungkan oleh revolusi smartphone di tingkat global. Laporan PR Newswire menunjukkan bahwa pasar olahraga global diperkirakan akan bertumbuh dari $354,96 miliar pada tahun 2021 menjadi $501,43 miliar pada tahun 2022 dengan tingkat pertumbuhan tahunan majemuk (CAGR) sebesar 41,3%.
Statistik ini menunjukkan bahwa pemasar seluler memiliki peluang besar untuk mengakuisisi pengguna baru dan relevan bagi aplikasi olahraga mereka selama musim pertandingan olahraga. Pengguna aplikasi olahraga akan memberikan respons positif di tahun-tahun mendatang karena aplikasi olahraga di Google Play diperkirakan akan diunduh hampir satu miliar kali pada tahun 2023.
Berikut adalah berapa manfaat utama yang perlu dipertimbangkan oleh pemasar seluler saat mengiklankan aplikasi olahraga dengan OEM selama musim puncak acara olahraga –
- Dengan iklan aplikasi mobile OEM, pemasar seluler dapat memanfaatkan app store eksklusif yang ditampilkan per hari dan tanggal tertentu dengan berbagai format iklan seperti iklan video, iklan reward, iklan native, dan iklan banner dengan penempatan iklan khusus.
- Dapatkan screen takeover eksklusif dengan iklan splash agar pemasar dapat menampilkan fitur terbaik dari aplikasi olahraga dan game mereka di seluruh layar smartphone dalam format video untuk meningkatkan popularitas brand dan ketertarikan pengguna secara cepat.
- Penargetan Appographic dapat membantu mempromosikan aplikasi kepada pengguna di luar kategori aplikasi yang memiliki ketertarikan yang sama untuk meningkatkan tingkat instalasi aplikasi.
- Mobile OEM menawarkan push notification yang dikustomisasi untuk menargetkan pengguna bernilai tinggi selama cara olahraga agar aplikasi mereka dapat ditemukan karena pertumbuhan untuk aplikasi game mencapai 72,71% YoY.
- Mengeksplorasi penawaran PMP di private marketplaces (PMPs) dengan mobile OEM. Pemasar dapat melakukan bidding untuk inventaris yang disarankan untuk jangka waktu tertentu, seperti pertandingan musiman, untuk mendapatkan hasil terbaik dari kampanye akuisisi pengguna.
- Mobile OEM memberikan peluang yang aman bagi brand, bebas penipuan, dan lebih hemat biaya bagi pemasar seluler karena CPI yang lebih rendah, serta menawarkan manfaat yang sama dengan jaringan pihak ketiga, seperti Google dan Facebook.
Mobile OEM dan app store alternatif tidak hanya menawarkan semua manfaat ini kepada pemasar seluler dalam kategori olahraga dan game selama musim pertandingan olahraga, melainkan juga menjadi sumber alternatif yang bagus untuk menemukan pengguna baru yang sebaiknya tidak dilewatkan oleh semua kategori aplikasi.
[…] Baca juga :Teknologi Pemasaran Untuk Pertandingan Olahraga Dunia […]