ITS Gandeng Perusahaan Kembangkan Tablet untuk Mahasiswa di Daerah 3T

244

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

 

Jakarta, Itech – Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya melalui PT ITS Tekno Sains menggandeng PT Panggung Electric Citrabuana mengembangkan tablet Digital Transformation Services of ITS (DigITS).

Tablet DigITS dirancang sebagai fasilitas pembelajaran jarak jauh (PJJ) untuk mahasiswa di daerah tertinggal, terdepan, dan terluar (3T) agar dapat mengakses bahan ajar.

Direktur PT ITS Tekno Sains Dr Ir I Ketut Gunarta MT mengatakan, tablet DigITS adalah tablet merah putih yang diamanahkan Kemendikbudristek kepada empat perguruan tinggi, salah satunya ITS.

Gunarta menyebutkan bahwa DigITS akan diproduksi sebanyak 5000 buah dengan tiga tipe warna, antara lain hitam, abu-abu, dan putih.

“Nantinya, 5000 tablet DigITS ini akan disebarluaskan oleh Kemendikbudristek ke kampus-kampus di wilayah 3T,” ungkapnya dikutip dari laman kampus, Rabu (14/6).

Gunarta menambahkan, pengembangan tablet ini juga termasuk rangkaian peningkatan tingkat komponen dalam negeri (TKDN) industri elektronik di Indonesia.

Disamping itu, Ketua Tim Penelitian Pengembangan Tablet Merah Putih Dr Ir Achmad Affandi DEA mengatakan, tablet DigITS memiliki layanan DigITS Apps hingga SatuDikti.

Adsense

Affandi menjelaskan DigITS Apps adalah tempat memperbaharui aplikasi DigITS di perangkat secara berkala. Fungsi DigITS Apps serupa dengan mini Playstore di handphone Android.

Ia juga mengatakan, berbagai aplikasi buatan inovator ITS akan dapat digunakan dan diunduh melalui DigITS.

“Aplikasi-aplikasi milik DigITS diletakkan di sana agar pengguna dapat mengunduh berbagai aplikasi milik ITS yang mereka butuhkan,” ungkap Affandi

Sementara itu, SatuDikti adalah platform yang terintegrasi untuk mendukung berbagai layanan pada perguruan tinggi dengan Dikti. Ada juga layanan katalog berisi materi perkuliahan dan pembelajaran digital berbagai program studi. Katalog pembelajaran digital ini dikurasi SPADADIKTI, sistem pembelajaran daring milik Direktorat Jenderal Perguruan Tinggi Kemendikbudristek.

Tablet besutan ITS ini juga rencananya akan memiliki layanan Jejaring Riset dan Edukasi Indonesia atau idREN. idREN adalah infrastruktur jaringan khusus yang menghubungkan institusi atau komunitas riset dengan pendidikan di Indonesia. Layanan untuk pemakai tablet dibuka di laman digits.itsteknosains.co.id.

Rektor ITS Prof Dr Ir Mochamad Ashari MEng IPU AEng menjelaskan, tablet DigItlTS ini merupakan wujud implementasi dari kerja sama triple helix ABG (Academic, Bussiness, and Government) atau institusi akademik, bisnis, dan pemerintah. Ia berharap, tablet karya anak bangsa ini dan dukungan Kemendikbudristek bisa meningkatkan taraf pembelajaran dan kemudahan mengakses bahan ajar.

“Dengan kerja sama antar berbagai pihak ini, 5000 tablet DigITS ini (harapannya) bisa berjalan dengan baik dan segera dapat digunakan untuk memberikan kontribusi nyata kepada bangsa Indonesia,” ujar rektor ITS ini.

 

Advertisements

Comments are closed.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More