Bos Nokia Prediksi Tahun 2030 Akhir Dari Smartphone

425

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

ITechMagz – Menurut Presiden dan CEO Nokia Pekka Lundmark, smartphone atau ponsel akan segera ditinggalkan dalam waktu dekat.

Saat berbicara dalam panel diskusi di World Economic Forum, Lundmark memprediksikan jaringan 6G akan mulai digulirkan secara komersial. Kehadiran jaringan generasi keenam ini diramal akan membuat ponsel jadi barang usang.

“Saat ini, kita semua membangun jaringan 5G, tapi pada saat saat komputasi kuantum matang untuk penerapan komersial, kita akan berbicara tentang 6G,” kata Lundmark, seperti dikutip dari Business Insider, Selasa (31/5/2022).

“Pada saat itu [2030], pasti smartphone seperti yang kita kenal sekarang tidak akan lagi menjadi antarmuka yang paling umum,” sambungnya.

Menurut Lundmark, 6G akan membuat dunia fisik dan digital menyatu. Akibatnya, pengguna ponsel akan beralih ke perangkat seperti kacamata VR hingga implan chip yang ditanam di tubuh.

Ruth Parlot, Chief Financial Officer Alphabet, juga berbicara di panel yang sama. Ia memprediksi di masa depan orang-orang akan bisa langsung menerjemahkan percakapan secara real time menggunakan kacamata AR.

Adsense

Saat ini belum ada standar definisi 6G meski sudah ada beberapa negara dan perusahaan yang mulai menjajaki pengembangan 6G. Jaringan 5G saja masih belum bergulir sepenuhnya di banyak negara sejak pertama kali diluncurkan secara komersial pada tahun 2019.

Lundmark mengatakan migrasi ke 6G akan membutuhkan sumber daya komputasi yang lebih luas, termasuk jaringan yang ratusan hingga ribuan kali lebih cepat ketimbang 5G.

Beberapa pakar juga memperkirakan 6G tidak hanya membawa internet yang lebih cepat tapi juga pergeseran besar di jaringan. Salah satu pergeseran yang dimaksud adalah teknologi interaktif yang melibatkan indera manusia lainnya seperti lewat medium rasa, aroma, dan sentuhan.

“Akan ada dunia fisik dan akan ada dunia digital. Nantinya akan ada kembaran digital untuk semua hal yang ada di luar sana,” kata Lundmark. (AF)

Baca juga : Dukung Jakarta E-Prix 2022, Pertamina Luncurkan Pertamina Renewable Diesel

Advertisements

1 Comment
  1. […] Baca juga : Bos Nokia Prediksi Tahun 2030 Akhir Dari Smartphone […]

Comments are closed.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More