Digitalisasi, BTN Kuatkan Ekosistem Mortgage

43

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

ITechMagz Bank Tabungan Negara atau BTN adalah Badan Usaha Milik Negara Indonesia yang berbentuk perseroan terbatas dan bergerak di bidang jasa keuangan perbankan. BTN sendiri merupakan bank fokus perumahan dengan pangsa pasar KPR terbesar di Indonesia. BTN memiliki visi “Menjadi The Best Mortgage Bank di Asia Tenggara pada tahun 2025”.

“BTN ini tanpa berbicara digitalisasi, memiliki ekosistem yang kuat, yaitu Mortgage, ini akan menjadi harta karun ketika kita berbicara digital inovation, ini menjadi alasan kenapa kami begitu begitu sungguh-sungguh mengembangkan digital solution,” ujar Direktur IT & Digital BTN, Andi Nirwoto dalam penjurian digitech award 2022 secara online pada Jumat (25/3/2022).

BTN akan menjadi hybrid bank, dimana BTN tidak akan meninggalkan cara-cara lama yang masih cukup kuat namun karena sekarang ada segmen-segmen tertentu yang cara berinteraksinya mulai berbeda yang membuat BTN mulai membangun solusi solusi berbasis digital.

“Misalnya nanti ada BTN Properti for Developer, ada BTN Properti Portal, BTN e-mitra, bahkan BTN juga melakukan FGD dengan Kementerian ATR BPN untuk mulai membicarakan inisiasi digitalisasi dalam konteks persuratan dan pertanahan yang memperkuat ekosistem perumahan yang sedang BTN buat,” ujarnya.

Digitalisasi, BTN Kuatkan Ekosistem Mortgage.

Digitalisasi dengan ekosistem yang kuat akan semakin memperkokoh strategi BTN. Jika berbicara fintech misalnya, seperti ecommerce menggunakaan Gopay atau Tokopedia, BTN pasti akan masuk kesana sebagai agent factor.

“Karena perbankan untuk ecosystem payment pasti minimun requirement itu harus masuk, namun keunggulan BTN yaitu mempunyai ekosistem yang unik diluar payment yang notabenya saat ini persaingan ketat, tidak hanya account base yang dihandle oleh bank, dan juga emoney yang yang bisa dihandle oleh bank, sehingga kita juga harus memiliki ekosistem yang berbeda atau unik, inilah ekosistem Mortgage. ekosistem Mortgate ini memperkaya dan memperkokoh agar hybrid bank ini masuk ke dunia digital,” ujarnya.

Adsense

Dengan konsep digitalisasi, BTN menganggap yang terpenting adalah ekosistem, sehingga BTN juga tidak bekerja sendiri.

“Kita juga melakan strategi partnership, bahkan di BTN kami sudah membentuk secara khusus unit strategi partnership, ini merupakan jalan yang sedang BTN tuju,” ujarnya.

Digital Technology & Innovation (Digitech Award) adalah kegiatan corporate rating (Award) di bidang Information & Communication Technology (ICT), Pengembangan Digital, dan Innovation. Tujuan dari penghargaan ini adalah untuk menghadirkan inisiatif transformasi & inovasi digital terbaik di kelasnya, seperti menciptakan cara baru dalam mengoperasikan dan mengembangkan bisnis melalui cloud, seluler, big data/AI, rantai blok, atau penggunaan teknologi pendukung lainnya.

Majalah Itech Magz mengadakan award tahunan Digital Technology & Innovation Award ini sejak 2016 telah bekerjasama dengan FORTI BUMN maupun Kementerian Kominfo, Kementerian Ristek Dikti, DRN dan juga BPPT yang sekarang telah menjadi BRIN, dan para Pakar dan Profesional dari perguruan tinggi dalam dan luar negeri, antara lain Western Michigan University-USA, Aston University-UK, Birmingham University-UK, South Australia University-Australia, Boston University-USA, RMIT Melbourne-Australia, North Carolina A&T State University-USA,  Universitas Indonesia, Telkom University, ITB, IPB, ITS, Binus, Trisakti, dan lain-lainnya.

Dewan juri yang hadir dan menilai dalam penjurian ini di antaranya: Ir. Irnanda Laksanawan, MSc.Eng(MBM), PhD (Chairman for Digitech Award 2022, Founder & Chairman Perush IT (ERP & SmartCity), Assoc.Prof Ir. Haryono Soeparno, MSc, PhD (Associate Professor in Computer Science, School of Computer), Dr. Yudi Purwantoro (Perekayasa Ahli Utama – BRIN), Wira Perdana, B.Sc., M.Sc. (Project Development in the field of IT (E-Procurement and ERP software solution) dan Dr. Ir. Iding Chaidir, M.Sc (Secretary, Dewan Riset Nasional, BPPT). (AFZ)

Advertisements

Comments are closed.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More