Kesalahan Penggunaan Kartu Kredit Yang Sebaiknya Dihindari

141

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

ITechMagzKartu kredit saat ini banyak digunakan oleh para penggunanya karena memberikan banyak kemudahan dalam pembayaran tanpa harus repot untuk membayar uang, selain itu kartu kredit menawarkan sejumlah fitur untuk dapat menggunakan uang terlebih dahulu hingga kemudian uang yang terpinjam dalam kartu kredit tersebut akan disebut sebagai tagihan bagi pengguna kartu kredit tersebut.

Meskipun menawarkan banyak sekali keuntungan bagi para pengguna, namun penggunaan kartu kredit juga dapat memberikan resiko yang serius apabila Anda tidak bijak dalam menggunakannya. Berikut adalah beberapa hal yang sering menjadi sebuah kesalahan yang sebaiknya Anda hindari saat menggunakan kartu kredit agar tebas dari resiko yang mungkin ditimbulkan:

Sering Melakukan Gesek Tunai Kartu Kredit

Para pengguna kartu kredit banyak yang melakukan tarik tunai melalui kartu kredit tersebut agar dapat menggunakan sejumlah uang tunai hasil tarikan nya tersebut untuk berbagai keperluan. Dalam menggunakan tarik tunai melalui kartu kredit tersebut, biaya yang di bebankan sebagai biaya operasional atau administrasi sangatlah murah dan terjangkau sehingga banyak orang yang tertarik untuk melakukan tarik tunai melalui kartu kredit tersebut. Selain itu, bunga yang di beban kan sebagai tambahan tagihan pun juga sangat kecil dan masih dapat di jangkau oleh para pengguna nya. Anda Bisa membaca mengenai gesek tunai lebih mendalam pada halaman ini.

Meskipun kartu kredit menawarkan banyak kemudahan terutama dalam penggunaan nya dengan cara menggesek kartu kredit untuk mendapat kan uang tunai yang dapat dicairkan, namun upaya melakukan gesek tunai kartu kredit tersebut ternyata dilarang oleh Bank Indonesia. Sering melakukan gesek uang tunai melalui kartu kredit sangat penting untuk Anda hindari karena dapat membuat tagihan menjadi semakin membengkak, dapat memicu atau menimbulkan terjadinya kredit macet, dan sangat beresiko akan munculnya kasus pencucian uang. Oleh karena itu, Anda harus menggunakan kartu kredit Anda secara bijak agar terhindar dari kejadian yang tidak diinginkan.

Telat Membayar Tagihan Kartu Kredit

Pembayaran tagihan kartu kredit merupakan hal yang sangat krusial, pasalnya, jika Anda tidak melakukan pembayaran tagihan secara rutin, maka Anda akan terkena denda akibat dari keterlambatan Anda dalam melakukan pembayaran tersebut. Oleh karena itu, sebaiknya Anda selalu memasang alarm untuk pengingat atau note pengingat supaya Anda tidak telat dalam membayar tagihan kartu kredit. Dengan begitu, Anda akan terhindar dari pembengkakan biaya akibat bertambahnya jumlah denda yang harus Anda bayarkan.

Pembayaran kartu kredit di era modern saat ini dapat Anda lakukan secara online tanpa harus bersusah payah mendatangi suatu bank atau atm. Segala kemudahan dari kartu kredit tersebut dapat Anda manfaat kan dengan baik untuk menunjang kenyamanan Anda. Dengan menggunakan kemudahan tersebut, maka Anda akan terhindar dari tindakan telat dalam membayar tagihan pada kartu kredit yang Anda miliki saat ini.

Meminjamkan Kartu Kredit Kepada Orang Lain

Adsense

Meminjamkan kartu kredit kepada orang lain mungkin merupakan sebuah tindakan yang dermawan bagi Anda, namun, hal tersebut sebaiknya Anda hindari karena dapat membocorkan sejumlah identitas rahasia baik disengaja maupun tidak dari identitas Anda yang ada dalam kartu kredit tersebut, seperti nomor id dan pin. Anda juga dapat beresiko untuk mendapati kasus pencurian akibat dari tindakan tersebut. Jika Anda ingin meminjamkan sejumlah uang bagi rekan maupun kerabat Anda, alangkah lebih baik apabila Anda sendiri yang melakukan transaksi demi kebaikan dan keamanan identitas beserta keuangan Anda.

Tidak Memahami Syarat Dan Ketentuan Dalam Penggunaan Kartu Kredit

Kartu kredit merupakan subuah kartu elektronik yang dapat digunakan untuk melakukan pinjaman secara mudah dan akan dibebankan menjadi sebuah tagihan. Dalam penggunaan kartu kredit tersebut terdapat banyak aturan yang menjadi syarat dan ketentuan yang harus Anda taati saat menggunakan kartu kredit tersebut. Jika Anda tidak memahami syarat dan ketentuan dalam penggunaan kartu kredit tersebut, maka Anda akan sangat beresiko dalam beberapa hal yang dapat membahayakan Anda karena terjadinya ketidakpahaman Anda terhadap syarat dan ketentuan yang telah dibuat.

Tidak Segera Melapor Saat Kartu Kredit Hilang

Jika kartu kredit Anda hilang, maka hal yang harus Anda lakukan adalah segera melaporkannya kepada lembaga yang menangani terkait dengan kartu kredit yang Anda miliki. Apabil hal tersebut tidak segera  Anda lakukan, maka akan timbul suatu resiko besar yang dapat membahayakan bagi Anda. Semakin lama Anda tidak melapor, maka akan semakin mudah para oknum untuk memanfaatkan kesempatan tersebut dalam menggunakan kartu kredit tersebut untuk kebutuhan mereka dan nantinya yang akan membayar tagihannya adalah Anda sebagai pemilik kartu kredit tersebut, karena identitasnya merupakan identitas lengkap dari Anda.

Kesimpulan

Beberapa penjelasan diatas merupakan hal yang sangat krusial dan sangat penting untuk Anda perhatikan dalam penggunaan kartu kredit. Segala kemudahan yang diberikan oleh kartu kredit memang sangat menarik, namun satu hal yang perlu Anda perhatikan adalah bahwa Anda harus selalu bijak dalam penggunaan kartu kredit tersebut agar terhindar dari beberapa resiko yang mungkin ditimbulkan.

Beberapa kesalalahan yang paling sering di lakukan oleh para pengguna kartu kredit antara lain adalah telat melakukan pembayaran tagihan pada kartu kredit, terlalu sering dalam melakukan gesek tunai pada kartu kredit, pernah atau sering meminjamkan kartu kredit kepada orang lain, tidak segera melapor saat kartu kredit Anda hilang, dan hal yang paling sering di alami adalah dalam suatu kejadian dimana para pengguna tidak memahami terkait dengan syarat dan ketentuan dalam penggunaan kartu kredit. (AFZ)

Advertisements

Comments are closed.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More