Oppo Resmi Memperkenalkan Oppo Air Glass pada Oppo Inno Day 2021

77

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Jakarta, ItechOppo baru saja memperkenalkan sejumlah produk terbaru hasil inovasi mereka dalam acara tahunan Oppo Inno Day 2021 pada Selasa (14/12). Salah satunya adalah kacamata pintar Oppo Air Glass yang bisa dikontrol menggunakan gestur, suara, sentuhan, dan gerakan.

Kacamata Assisted Reality (AR) ini memiliki desain yang cukup unik dan berbeda dari kacamata pintar yang sudah ada di pasaran. “Desain bodi utamanya terinspirasi dari bulu: ringan, gesit, dan melengkung. Dengan touch bar yang sangat tipis, ini terlihat seperti batang bulu,” kata Xu Yi.

Direktur untuk teknologi XR (Extended Reality) Xu Yi mengatakan bahwa OPPO Air Glass terdiri dari dua bagian, yakni bagian frame yang berisi berbagai komponen dan bagian lensa.

Dengan desain akhir berbentuk monokel, perangkat ini dilengkapi dengan lensa ala sayap jangkrik yang ditanam di bingkai, serta touchbar yang disematkan pada gagang kacamata. Secara keseluruhan, Oppo Air Glass memiliki bobot yang cukup ringan, yakni 30 gram.

Perangkat monokel ini tersedia dalam dua jenis bingkai dan ukuran yang berbeda, yaitu half-frame dengan warna perak dan full-frame dengan warna hitam.

Diotaki dengan prosesor Snapdragron Wear 4100, OPPO juga turut menyematkan sejumlah sensor pada perangkat ini untuk mendeteksi perintah dari gestur kepala. Selain itu, perangkat ini juga dilengkapi teknologi Spark Micro Projector yang diklaim sebagai proyektor terkecil di dunia untuk menampilkan informasi di depan mata. Modul proyektor ini memiliki volume 0,5 cc atau setara dengan satu biji kopi.

Menggunakan panel layar micro LED yang bisa mencapai tingkat kecerahan hingga 3 juta nits. Area display Oppo Air Glass juga dilapisi oleh kaca sapphire untuk meningkatkan transparansi dan ketangguhannya.

Adsense

Sementara itu, kehadiran teknologi optical diffraction waveguide memungkinkan Air Glass untuk menampilkan dua mode display, yaitu 16-level grayscale atau 256-level grayscale. Untuk menghasilkan tampilan visual yang jelas dan tajam perangkat ini juga dapat menghasilkan kecerahan rata-rata hingga 1400 nits meski digunakan dalam kondisi pencahayaan yang berbeda.

Kacamata ini dapat dioperasikan dengan menggunakan gagang yang ada pada bagian kanannya. Gagang ini diisi oleh touch bar, baterai, Wi-Fi, Bluetooth, speaker, serta dual mikrofon.

Dengan fungsi utama sebagai perangkat pelengkap dari ponsel dan jam tangan pintar. Pengguna dapat menghubungkan kacamata ini dengan ponsel Oppo untuk mengakses informasi dan notifikasi langsung dari kacamata.

Sebagai kacamata pintar, OPPO Air Glass mampu menampilkan berbagai aplikasi Cuaca, Kalender, Kesehatan, Navigasi, atau Teleprompter, yang memungkinkan penggunanya melakukan presentasi secara praktis.

Saat ini fitur Translation pada Oppo Air Glass hanya mendukung bahasa China dan Inggris. Dikabarkan untuk bahasa Jepang dan Korea akan segera menyusul. Sementara itu, Oppo Air Glass akan mulai dijual di China pada kuartal pertama tahun 2022. (RA)

Jurnalis : Reza Arta Mevia

Advertisements

Comments are closed.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More