Jakarta, Itech- Adjust, platform pemasaran aplikasi global, meluncurkan laporan Tren Aplikasi Seluler tahunan, yang menunjukkan bahwa pertumbuhan aplikasi seluler terus mengalami akselerasi di tingkat global pada tahun 2021. Setelah mengalami kenaikan sebesar 50% dalam semua kategori aplikasi dari tahun-ke-tahun (YOY) pada tahun 2020, jumlah instalasi aplikasi meningkat sebesar 31% YoY pada kuartal pertama tahun 2021. Di sisi lain, jumlah sesi yang meningkat sebesar 30% pada tahun 2020, kembali meningkat sebesar 4,5% di tahun 2021.
Laporan tersebut — yang didasarkan pada Top 2000 aplikasi menurut Adjust dan dataset aplikasi yang dilacak untuk kategori game, e-commerce dan fintech — menganalisis tren jangka panjang dari segi jumlah instalasi, jumlah sesi, waktu yang dihabiskan untuk menggunakan aplikasi, tingkat retensi dan re-atribusi di seluruh dunia. Dengan informasi ini, para pengembang dan pemasar dapat memperoleh pemahaman yang lebih baik tentang audience mereka dan kondisi app economy.
“App economy mengalami pertumbuhan yang luar biasa di tahun 2020, karena masyarakat di seluruh dunia menyadari manfaat dari sektor mobile dalam berbagai aspek kehidupan mereka,” kata Paul H. Müller, Co-Founder dan CEO, Adjust. “Bagi pemasar seluler, potensi untuk menjangkau pengguna baru sangat tinggi, tetapi persaingan juga semakin ketat. Saat kita melewati tahun 2021, dan memulai era baru dengan iOS 14, upaya untuk meningkatkan pemasaran melalui otomatisasi dan informasi tentang perilaku pengguna dalam aplikasi sepanjang perjalanan pengguna menjadi semakin penting.”
Kesimpulan tambahan dari laporan ini adalah:
● Aplikasi fintech berhasil mencapai pertumbuhan YoY terbaik dari segi jumlah instalasi untuk semua kategori aplikasi — 51% — pada tahun 2020.
o Jumlah instalasi kembali meningkat pada tahun 2021, sebesar 12%, dibandingkan dengan rata-rata pada tahun 2020. Hal ini tentunya didukung oleh tingkat pengadopsian yang tinggi bagi aplikasi trading seperti Robinhood, Acorns dan Gatsby.
o Jumlah sesi aplikasi fintech juga meningkat di tahun 2020 — ini menunjukkan peralihan yang signifikan menuju perbankan dan pembayaran digital. Jumlah sesi meningkat sebesar 85% YoY dan telah meningkat sebesar 35% di tahun 2021.
Pertumbuhan jumlah instalasi e-commerce relatif kecil, yakni 6% pada tahun 2020, tetapi kategori ini berhasil mempertahankan kinerja secara konsisten sepanjang tahun.
o Akan tetapi, jumlah sesi meningkat sebesar 44% — ini menunjukkan bahwa pembeli sangat tertarik untuk melakukan pembelian melalui aplikasi seluler.
o Awal tahun 2021 sangat menjanjikan dari segi jumlah instalasi dan jumlah sesi — yakni meningkat sebesar 11% dan 14% — dibandingkan dengan rata-rata pada tahun 2020.
o Jumlah sesi mingguan paling tinggi untuk kategori aplikasi ini berhasil dicapai pada akhir bulan Februari dan awal bulan Maret 2021 — yakni meningkat sebesar 23% YoY. (red)
Comments are closed.