PT Pos Indonesia Sabet 2 Penghargaan Pada Ajang Bergengsi Digitech Award 2021

28

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Itech – PT Pos Indonesia (Persero) meraih penghargaan The Best Digital Transformation (Logistics & Distribution Services), dan The Best Chief Executive Officer for Digital Transformation yang diraih oleh Faizal Rochmad Djoemadi selaku Direktur Utama PT Pos Indonesia dalam ajang bergengsi Digital Technology & Innovation (Digitech) Award 2021 bertempat di Ballroom 1 Hotel Mulia Jakarta, Rabu (31/3). Penghargaan-penghargaan tersebut diterima oleh Direktur Kelembagaan PT Pos Indonesia Nezar Patria.

PT Pos Indonesia telah sukses melakukan transformasi teknologi digital, sehingga dapat meningkatkan kinerja perusahaan dan pelayanan terhadap pelanggan. PT Pos Indonesia sukses implementasikan sembilan strategi dalam menghadapi ekonomi digital.

Adapun Sembilan strategi tersebut adalah; Pertama, pembentukan Strategic Business Unit Digital. Kedua, dukungan penuh dari stakeholder. Ketiga, masuk ke dalam ekosistem sistem pembayaran (Penyelenggara Jasa Sistem Pembayaran). Keempat, menjadi anggota layanan RTGS. RTGS merupakan singkatan dari Real Time Gross Settlement, yang menggunakan real time untuk transfer antara bank supaya mempercepat transferan ke rekening penerima. Hal ini dilakukan agar terintegrasi dengan jaringan perbankan.

Kelima, Giropos dapat diakui seperti uang elektronik atau simpanan Pos untuk masyarakat yang belum tersentuh layanan keuangan perbankan. Keenam, Pos Indonesia memiliki aplikasi mobile berbasis giropos yang didukung dengan fitur QRIS. Ketujuh, Treatment Giropos dapat menyerupai Uang Elektronik untuk minimalisir risiko likuiditas (penempatan dan treatment floating). Kedelapan, Pos Indonesia menyediakan layanan agen banking Lembaga Kemasyarakatan Desa (LKD), termasuk ATM berjalan menggunakan pengantar Pos “Pak Pos” dan mobile postal system. Dan yang Kesembilan, untuk mitigasi risiko, GiroPos dapat ikut sandbox Bank Indonesia.

Adsense

Ketua Penyelenggara Digital Technology & Innovation Award 2021 Irnanda Laksanawan mengatakan bahwa saat ini waktunya membuktikan implementasi dari transformasi digital sebagai penyelamat ekonomi, bisnis, dan pelayanan masyarakat. Karena salah satu hikmah dari pandemi Covid-19 adalah menunjukkan betapa pentingnya produk digital bagi kehidupan manusia.

“Sebab, di era Industri 4.0 ini, teknologi digital bukan lagi sebuah pendukung bagi kehidupan, tapi kini sudah menjadi kebutuhan primer dalam kehidupan sehari-hari. Mau komunikasi, makan, belanja ini itu, bayar tagihan, transfer, belajar, dan kebutuhan lainnya kini sudah tak repot-repot lagi. Cukup klik di perangkat digital kita yang tersedia di Android atau IOS kita masing-masing,” terangnya.

Diketahui sebanyak 29 Perusahaan BUMN, 3 BUMD dan 2 Swasta ini mendapatkan penghargaan di ajang penganugerahan bergengsi Digital Technology & Innovation Award (Digitech) 2021. Acara ini diselenggarakan oleh Majalah Itech yang bekerjasama dengan FORTI BUMN, Kementerian Ristek BRIN, BPPT, dan Kementerian Perindustrian.

Acara yang mengangkat tema “Achieving Corporate Goals Through Digital Technology Transformation & Innovation” ini didukung oleh para pakar dan professional bidang Information and Communication Technology (ICT), Strategic Management, Finance, Banking, Insurance, Riset dan Inovasi. (RB)

Advertisements

Comments are closed.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More