LAPAN Hadirkan Pemenang Kompetisi KRPC: Berbagi Kiat Tembus Juara

140

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Jakarta, ItechLAPAN selenggarakan Webinar Awarding and Sharing tentang kompetisi KIBO Robotic Programming Challenge (KRPC) pada Selasa (16/03) melalui aplikasi Zoom Meeting dan Kanal Youtube Pusat Sains Antariksa LAPAN. Kegiatan ini terbuka untuk umum, guna menarik minat para calon peserta perlombaan serupa yang akan dihelat tahun ini.

Webinar ini dibuka langsung dengan pengarahan sekaligus penyerahan penghargaan oleh Kepala Pusat Sains Antariksa (Pusainsa), Clara Yono Yatini. Pengahargaan diserahkan melalui seremoni virtual kepada Tim Spacecat dari Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta, yang mewakili Indonesia dalam kancah internasional. Tim yang terdiri dari Hanif Mustafa Budiyanto, Rizqy Arya, dan Thoric Purbajti ini meraih dua gelar sekaligus dalam KRPC 2020. Kedua gelar kejuaraan tersebut yaitu Best Achievement Onboard Award dan Juara 3 Programming Skill.

Dalam sesi sharing, Tim Spacecat yang dihadirkan oleh LAPAN membagikan ilmu dan kiatnya. Mereka memberikan gambaran terkait tahapan dan teknis presentasi program robotic yang dibangunnya. Tips dan trik diberikan ke peserta agar para peserta dari Indonesia pada kompetisi tahun ini lebih menyiapkan diri secara matang terutama detail pentahapan yang tidak boleh terlewatkan.

Adsense

Secara teknis, Tim ini menjelaskan bagaimana tahapan mulai dari pendaftaran sampai dengan memasuki ronde final, mulai dari self learning di mana diberi buku program manual tentang robot astrobee, membangun program, melakukan eksperimen dengan simulator lokal, uji coba pada ronde eliminasi, sampai dengan ronde final menggunakan robot Astrobee di ISS.

KRPC merupakan salah satu kegiatan kolaborasi antara LAPAN dan JAXA dalam program edukasi bagi pelajar dan mahasiswa. Beberapa program edukasi yang diikuti dari Indonesia antara lain Zero Gravity, Try Zero G, Space Seat for ASEAN Future, dan yang terbaru adalah ASEAN Herbs in Space. KRPC dilaksanakan pertama kali pada tahun 2020, di mana peserta ditantang untuk bisa membuat program mengendalikan modul pada robot KIBO milik JAXA. Tim dari UGM yang mewakili Indonesia di sesi Final ditantang untuk bisa mengendalikan robot dalam situasi yang sebenarnya di angkasa.

Di akhir acara, informasi mengenai KIBO RPC dikenalkan oleh Panitia dari Pusainsa, Rasdewita K. Ia menjelaskan, KIBO merupakan modul eksperimen Jepang di International Space Station (ISS). KRPC menjadi program edukasi yang di pandu oleh JAXA dan NASA yang menantang peserta menyelesaikan tantangan menggunakan robot melayang yaitu Astrobee dan Int-ball di ISS.Tujuannya agar generasi muda lebih tertarik dengan eksperimen luar angkasa. Acara ditutup dengan ajakan panitia untuk berpartisipasi mengikuti KRPC 2021, termasuk tahapan kompetisinya, serta tantangan apa saja yang akan dihadapi peserta. (red)

Advertisements

Comments are closed.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More