Robot Hybrid Bantu Dokter Tangani Operasi Pasien

45

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Jakarta, Itech- Dosen Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) kembali membuat sebuah inovasi. Kali ini Latifah Nurahmi, dosen Departemen Teknik Mesin membuat sebuah robot hybrid. Tujuannya adalah untuk membantu para dokter dalam mengoperasi tulang pasien.
“Namun, untuk dasar penelitiannya sendiri sudah saya lakukan sejak tahun 2015,” ungkapnya.

Baca Juga: Layanan Internet Starlink Miliki Lebih dari 10.000 Pengguna

Baca Juga: Jelang Imlek, Menag Imbau Perayaan Patuhi Protokol Kesehatan


Latifah memaparkan bahwa, penelitiannya kali ini adalah bagian dari penelitian sebelumnya pada tahun 2016 seperti dikutip dari its.ac.id pada Jumat (05/02).
“Namun, untuk dasar penelitiannya sendiri sudah saya lakukan sejak tahun 2015,” ungkapnya.


Latifah memaparkan bahwa, dalam mengembangkan robot hybrid ini dia dibantu oleh Jurusan Teknik Mesin dari National Central University (NCU), Taiwan. Hal ini dilakukan karena mereka juga tengah mengembangkan robot yang memiliki struktur yang sama.

Adsense

Baca Juga: Rivian Amazon Mulai Melakukan Pengiriman di LA

Baca Juga: Aksi Heroik Petugas Transjakarta Gagalkan Percobaan Bunuh Diri


Diketahui pula bahwa robot ini akan membantu dokter dalam proses pembedahan yang memang memerlukan akurasi tinggi. Kemudian, jika dibantu oleh robot pastinya akan mengurangi kontak antara dokter dan pasien.
Bahkan Latifah telah mendapatkan penghargaan dalam acara ajang L’Oreal-UNESCO for Women in Science 2020, akhir November lalu.


Terakhir, Latifah berharap bahwa dengan inovasi nya, teknologi robot pada bidang kesehatan akan lebih dikenal. Selain itu, dia berharap bahwa robot buatannya akan dapat segera digunakan di rumah-rumah sakit Indonesia. (DAF)

Advertisements

Comments are closed.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More