Rajesh Ganesan: IT Lessons Learnt from 2020

43

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Pelajaran TI yang kita dapatkan dari tahun 2020 oleh Rajesh Ganesan, vice president at ManageEngine

Yang melegakan sebagian besar dari kita, tampaknya kita hampir melihat vaksin untuk Covid-19. Meski demikian, secara halus, tahun lalu telah menjadi masa percobaan bagi sektor teknologi informasi yang senantiasa tangguh. Terlepas dari banyaknya tantangan yang dibawa pandemi kepada kita, beberapa pelajaran berharga telah berhasil dipetik.

TI berada di tengah meja:

Selama bertahun-tahun, teknologi informasi secara keliru dianggap sebagai fungsi backend, yang hanya ada untuk mendukung bisnis; namun, karena teknologi mendikte jalannya dua dekade terakhir, TI memantapkan dirinya sebagai fungsi bisnis inti. Selain itu, seperti yang ditunjukkan tahun lalu, bisnis yang berkembang adalah bisnis yang secara proaktif melakukan investasi teknologi yang bijaksana untuk masa depan. Bagaimanapun, itu adalah personel TI yang datang ke garis depan, memungkinkan bisnis untuk terus berjalan mulus karena mayoritas karyawan mereka bekerja dari jarak jauh. Yang pasti, ada banyak yang harus dipelajari dari bisnis yang berhasil tanpa cedera.

Mengharapkan yang tak terduga:

Bisnis harus dibangun untuk ketahanan — baik dalam cara mereka menanggapi situasi sulit, maupun bagaimana mereka dapat bangkit kembali setelah jatuh. Melalui pemulihan bencana dan perencanaan keberlangsungan bisnis, organisasi dapat menilai tingkat ketahanan mereka dengan benar. Dengan sering melakukan latihan gangguan, bisnis dapat memastikan bahwa mereka siap untuk apa pun. Untuk mengikuti perubahan teknologi, organisasi perlu mengambil risiko yang diperhitungkan, dan penting untuk membuat penyesuaian yang diperlukan pada model bisnis. Saat bisnis tumbuh, kemampuan mereka untuk tetap gesit menurun secara bertahap — seringkali tanpa ada yang menyadari penurunan tersebut. Sekali lagi, penting bagi Anda untuk dapat membuat penyesuaian selama masa-masa sulit sekali pun. Bisnis yang mampu menghadapi situasi sulit tahun ini secara langsung adalah mereka yang cukup gesit untuk mengubah model dan proses mereka dengan cepat.

Adsense

Merangkul cloud:

Pandemi melenyapkan operasional TI konvensional dan proses terkait. Demi keberlangsungan bisnis, perusahaan dipaksa untuk memodifikasi infrastruktur TI di tempat mereka untuk memfasilitasi peningkatan akses jarak jauh. Di satu sisi, organisasi yang tidak siap menghadapi perubahan mendadak tersebut menjadi rentan terhadap masalah keamanan dan skalabilitas yang mengancam akan menghambat pertumbuhan. Di sisi lain, perusahaan yang mengadopsi strategi cloud solid tidak terlalu terpengaruh oleh pandemi. Cloud memungkinkan untuk menambah dan menghapus infrastruktur virtual secara dinamis, yang pada gilirannya memungkinkan Anda memenuhi permintaan apa pun tanpa mengorbankan postur keamanan layanan.

Keamanan endpoint adalah kunci:

Masuknya perangkat IoT selama beberapa tahun terakhir mengubah ruang manajemen endpoint; namun, pandemi lantas mengubah lanskap operasi bisnis, dan telah menjadikan keamanan endpoint menjadi jauh lebih penting dari sebelumnya. Dalam lanskap pasca-COVID, bisnis sekarang perlu mengadopsi lingkungan kerja hybrid: lingkungan yang tidak hanya dapat mengakomodasi kehadiran kantor biasa, tetapi juga karyawan yang bekerja dari rumah serta pengguna yang sedang roaming. Sementara perusahaan keamanan siber terus beradaptasi dengan kebutuhan keamanan siber perusahaan, pekerjaan jarak jauh telah memperjelas bahwa keamanan endpoint masih menjadi dasar di mana kebijakan keamanan tambahan harus diterapkan.

Menatap masa depan:

Tanpa diragukan lagi, pandemi telah mengubah cara kita bekerja di masa depan. Banyak karyawan akan terus bekerja dari jarak jauh dan mengakses data perusahaan dari berbagai perangkat dan lokasi. Pelajaran yang telah kita dapatkan selama setahun terakhir ini tidak akan menjadi usang dalam waktu dekat. Keamanan endpoint akan terus menjadi hal yang penting saat kita bermigrasi ke cloud, dan kita harus terus memantau perilaku karyawan dengan cermat. Bahkan setelah vaksin tersedia secara luas, kelangsungan bisnis dan perencanaan bantuan bencana akan tetap penting. Bagaimanapun, orang tidak pernah tahu kapan hal yang tidak terduga akan terjadi lagi.

Advertisements

Comments are closed.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More