VIDA Menjadi PSrE Pertama Meraih Sertifikasi WebTrust

46

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Jakarta, Itech- PT Indonesia Digital Identity (VIDA) menjadi perusahaan Penyelenggara Sertifikat Elektronik (PSrE) pertama yang meraih akreditasi WebTrust di Indonesia. Sebagai PSrE yang terdaftar dalam Kementerian Komunikasi dan Informatika Indonesia, VIDA berfokus pada penyediaan layanan verifikasi dan otentikasi multi-faktor identitas digital.

VIDA  juga bermitra dengan Ditjen Dukcapil Kementerian Dalam Negeri, serta  merupakan  bagian  dari regulatory  sandboxOJK  (Otoritas  Jasa  Keuangan)  dan  terdaftar  sebagai penyelenggara teknologi finansial (tekfin) Bank Indonesia.WebTrust merupakan  sertifikat yang  diberikan  kepada PSrE  yang  secara  konsisten menjalankan standar keamanan yang dikembangkan dan dikelola bersama oleh American Institute of Certified Public Accountants (AICPA) dan Canadian Institute of Chartered Accountants (CICA). Setiap PSrE yang telah memiliki akreditasi WebTrust wajib melakukan audit tahunan yang komprehensif untuk menilai konsistensi dan efektivitas kontrol keamanan yang diterapkan oleh PSrE.

VIDA telah meraih sertifikasi WebTrust untuk PSrE 2.2, yang terdiri dari 7 kriteria yang membentuk 325 standar kontrol  dan akan diverifikasi setiap tahun. Persyaratan tersebut meliputi privasi, keamanan, praktik bisnis / integritas  transaksi,  ketersediaan,  kerahasiaan,  atau non-repudiation.  Di  Indonesia,  saat  ini   sertifikasi internasional  tersebut  baru  diperoleh  oleh  PSrE  Induk  yang  dikelola  oleh  Direktorat  Jenderal  Aplikasi Informatika, Kementerian Komunikasi dan Informatika.

Sati  Rasuanto, CEO VIDA menjelaskan, “Seiring dengan pergerakan dunia digital yang berkembang pesat, kekhawatiran konsumen  dan  bisnis  terhadap  privasidigital  dan  keamanan  data  juga  meningkat  secara signifikan.  Untuk  mengatasi  kekhawatiran  akan  keamanan  data,  VIDA  terus  memberikan  jaminan  atas keamanan  dan  keabsahan  bisnis  yang  menawarkan  barang  dan  jasa  dalam  platform  digital.  Dengan memperoleh  sertifikasi  WebTrust,  yang   merupakan  salah  satu  standar   tertinggi   yang  diakui   secara internasional, memungkinkan VIDA memberikan jaminan yang  lebih  kuat  bagi  perusahaan dan  pelanggan bahwa aplikasi yang sedang diakses dapat menjaga privasi dan keamanan data pengguna.”

“Kunci dari sertifikat elektronik adalah untuk verifikasi atas identitas seseorang secara digital, yang secara unik selaras dengan  persyaratan eKYC dan  otentikasi. PSrE  mengeluarkan sertifikat elektronik, yang  kemudian diintegrasikan secara efisien dengan informasi tentang public keys, algoritma enkripsi yang digunakan, pemilik identitas digital, tanda tangan digital dari  PSrE yang telah memverifikasi pemilik identitas, dan tanggal yang telah  divalidasi.  Oleh  karena  itu,  sertifikat elektronik kemudian  dapat  digunakan  untuk  mengenkripsi dan “menandatangani” informasi secara digital -memungkinkan kepercayaan keamanan di  dunia  online,” jelas Gajendran Kandasamy, Chief Operations Officer VIDA.

Adsense

“Setelah memiliki sertifikasi ISO 27001 dan Electronic Certificate Operator (PSrE), VIDA meraih sertifikasi atas persyaratan  WebTrust  untuk  memperkuat  sistem  dan  proses  otentikasi  yang  lebih  baik  dan  berstandar internasional. Pencapaian ini memungkinkan inklusi dalam ekosistem digital yang terpercaya,” jelas Gajendranlebih lanjut.

Komunikasi & Inf ormatika melalui Undang-Undang Nomor 19 Tahun  2016 menyatakan bahwa PSrE harus memiliki sertifikasi hukum untuk menerbitkan sertifikat elektronik. VIDA telah tersertifikasi sebagai PSrE  di  KOMINFO  sejak  tahun 2019. 

Tambahan  sertif ikasi WebTrust yang diperoleh VIDA menunjukan komitmen perusahaan untuk  menjaga kepercayaan publik melalui  sistem keamanan  data yang  terjamin, sehingga masyarakat dapat melakukan transaksi digital keuangan secara aman.

“WebTrust adalah  bentuk  jaminan  atas  efektivitas kinerja  bisnis  atau  aplikasi  digital,  dan  kepatuhannya terhadap standar dan peraturan yang berlaku. Mengingat betapa pentingnya keamanan siber bagi kami, VIDA terus berupaya memberikan layanan keamanan data yang setara atau bahkan melebihi standar keamanan data tingkat global.

Dengan fitur-fitur canggih bersama dengan sistem keamanan terbaik dan sertifikasi WebTrust, VIDA bertujuan untuk tidak hanya melayani klien kami dengan baik, tetapi juga menunjukkan bahwa perusahaan rintisan dari Indonesia seperti kami dapat memberikan jaminan yang berstandar setara dengan layanan yang diberikan oleh perusahaan teknologi multinasional. (red)

Advertisements

Comments are closed.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More