Inilah Para Pemenang Puspiptek Motion Graphic Competition 2020

65

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Jakarta, Itech- Kementerian Riset dan Teknologi/Badan Riset dan Inovasi Indonesia (Kemenristek-BRIN) bersama Pusat Penelitian Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (Puspiptek) mengumumkan pemenang Puspiptek Motion Graphic Competition (PMGC) 2020. Kepala Puspiptek Sri Setiawati mengumumkan 3 juara dari 2 kategori dalam kompetisi PMGC 2020.

Motion Graphic sendiri merupakan gabungan desain-desain berbasis media visual dengan memasukkan beberapa elemen-elemen berbeda, seperti animasi, film, ilustrasi, musik, photography, typography, dan videography. PUSPIPTEK Motion Graphic Competition 2020 mengambil tema “Pemanfaatan Inovasi Teknologi dalam Kehidupan Sehari-hari”.

Menristek- Kepala BRIN, Bambang PS Brodjonegoro mengatakan, terdapat tiga komponen yang dinilai dewan juri dalam kompetisi PMGC 2020. “Pertama adalah aspek teknis kesesuaian tema dengan pesan yang disampaikan lewat hasil karya. Kedua, aspek kreativitas dalam penggunaan teknik motion graphic, dan ketiga aspek keindahan atau estetika,” ucapnya.

Hasil karya para finalis peserta lomba PMGC juga dijadikan konten digital pada virtual exhibiton I2E yang digelar Kemenristek/BRIN. “Semoga Puspiptek dan Kemenristek/ BRIN dapat menjalankan kembali berbagai perlombaan lainya sehingga kegiatan promosi atau publikasi dapat mencakup produk inovasi yang lebih luas,” tambahnya.

Adsense

Melalui kegiatan itu, Puspiptek ingin membangun kolaborasi antara peneliti dengan masyarakat sehingga konten publikasi mengenai ilmu pengetahuan dan teknologi (iptek) dan inovasi dapat dinikmati oleh seluruh lapisan masyarakat karena memiliki gaya visual yang kekinian dan bahasa yang populer.

Total pendaftar yang mengikuti kompetisi berjumlah 233 tim dengan rincian 142 tim kategori mahasiswa dan 81 tim kategori SMA. Pendaftar PMGC 2020 lebih terpusat di Pulau Jawa diikuti dengan Sumatera, Sulawesi dan Kalimantan. Adapun jumlah karya yang masuk ke meja panitia dan dilakukan penilaian oleh dewan juri berjumlah 103 karya.

Dalam tahap itu terdapat tiga komponen yang dinilai oleh dewan juri, yaitu aspek teknis tentang kesesuaian tema dengan pesan yang disampaikan lewat hasil karya, aspek kreativitas dalam penggunaan teknik motion graphic, dan aspek keindahan (estetika). Sebagai bentuk apresiasi, pemenang pada masing-masing kategori mendapatkan sertifikat, plakat dan uang tunai.

Berikut daftar juaranya:

Kategori Pelajar

  1. SMAN 12 Kota Bekasi dengan judul “Bioetanol Sebagai Energi Alternatif Ramah Lingkungan”.
  2. MAN 11 DKI Jakarta dengan judul “Inovasi Hidrogen Ramah Lingkungan”.
  3. MAN 2 Kota Malang, dengan judul “Drone Physical Distancing”.

Kategori Mahasiswa

  1. Ruang 309 dari Institut Teknologi Sepuluh November dengan judul “Deteksi Penyakitmu Pakai Si Mungil Teknisium”.
  2. Doa Ibu dari Institut Teknologi Bandung dengan judul “A Miracle Within Reach”.
  3. Ayni dari Institut Teknologi Bandung dengan judul “Inovasi Energi untuk Masa Depan Indonesia”.
Advertisements

Comments are closed.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More