Tentukan SNI Teknologi Grafika, BSN Gelar Jajak Pendapat

46

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Jakarta, Itech- Badan Standardisasi Nasional (BSN) tengah menyusun Rancangan Standar Nasional Indonesia (RSNI) ISO 12643-5:2010, Teknologi grafika — Persyaratan keselamatan untuk system dan peralatan teknologi grafika —   Bagian 5: Mesin cetak degel otonom. Penyusunan RSNI ini melalui Komite Teknis 37-01 Teknologi Grafika

Direktur Pengembangan Standar Infrastruktur, Penilaian Kesesuaian, Personal, dan Ekonomi Kreatif BSN, Hendro Kusumo menuturkan, untuk memenuhi kebutuhan pelaku usaha, di tahun 2020 ini BSN tengah menyusun 6 Rancangan SNI (RSNI) terkait teknologi grafika. “Keenam RSNI tersebut diusulkan pada bulan Januari 2020, serta sudah melalui tahapan rapat teknis dan rapat konsensus,” jelas Hendro di Jakarta, Selasa (27/10/2020). 

“Masyarakat atau pelaku usaha percetakan dapat mengunduh terlebih dahulu data 6 RSNI terkait teknologi grafika yang sedang dalam proses jajak pendapat, untuk kemudian memberikan masukan terkait,” jelas Hendro. Hal pertama yang harus dilakukan hanyalah mendaftarkan akun dalam website sispk.bsn.go.id untuk kemudian login menggunakan akun tersebut.

Adsense

Proses jajak pendapat untuk 6 RSNI terkait Teknologi Grafika akan berlangsung hingga tanggal 7 November 2020. Masukan dari masyarakat akan ditampung untuk dirapatkan kembali dalam rapat konsensus sebelum RSNI tersebut ditetapkan. “Direncanakan, RSNI tersebut akan ditetapkan pada akhir November 2020,” terang Hendro. Hendro berharap, keterlibatan masyarakat dalam penyusunan SNI dapat memenuhi harapan masyarakat akan kualitas SNI yang ditetapkan oleh BSN. 

Secara keseluruhan, saat ini BSN telah menetapkan 9 SNI terkait teknologi grafika yang dapat diaplikasikan oleh pelaku usaha grafika dalam proses pewarnaan. ”Penggunaan standardisasi dalam produksi media cetak diharapkan dapat meningkatkan kualitas produk, performa bisnis, keuntungan produk, dan keberlangsungan produk,” tutur Hendro. Kesembilan SNI tersebut sudah dapat dipesan oleh masyarakat dan pelaku usaha dalam website pesta.bsn.go.id dengan kata kunci teknologi grafika. (red)

Advertisements

Comments are closed.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More