APJII Maksimalkan Sumber Daya IIX

117

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Jakarta, Itech- Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) mendukung kebijakan pemerintah untuk bekerja, belajar, dan beribadah di rumah. Tujuan kebijakan ini demi mengurangi penyebaran Covid-19 yang sedang dialami negeri ini. Sebagaimana diketahui, per hari Senin (16/3), berdasarkan data dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, sebanyak 134 pasien positif terjangkit Covid-19.

Ketua Umum APJII, Jamalul Izza mengatakan, APJII sebagai organisasi internet terbesar di Indonesia siap memaksimalkan sumber daya yang dimiliki saat ini demi mendukung arahan Presiden Republik Indonesia Joko Widodo untuk bekerja, belajar, dan beribadah di rumah. Dukungan APJII kepada pemerintah adalah dengan memaksimalkan Indonesia Internet Exchange (IIX) yang dimiliki APJII baik di pusat maupun di wilayah.

“APJII mendukung upaya pemerintah untuk menahan laju penyebaran Covid-19 dengan bekerja, belajar, dan beribadah di rumah. Dalam konteks dukungan APJII ini, kami akan memaksimalkan sumber daya yang dimiliki yakni dengan mengoptimalkan 14 titik IIX yang tersebar di seluruh Indonesia,” kata Jamalul Izza.

14 titik IIX yang dimiliki APJII antara lain tersebar di Medan, Batam, Pekanbaru, Palembang, Bandar Lampung, Banten, Bandung, Semarang, Yogyakarta, Surabaya, Denpasar, Balikpapan, Makassar, dan Jakarta. Dalam waktu dekat, IIX yang dimiliki APJII akan bertambah di Ambon, Manado, dan Papua.

Adsense

“Dengan semakin banyaknya IIX yang dioptimalkan, maka dapat mempercepat jaringan interkoneksi dan menghemat penggunaan bandwidth internasional serta mempercepat koneksi dalam negeri. Terutama sektor pendidikan yang saat ini sedang menerapkan siswa maupun mahasiswanya belajar dari rumah serta masyarakat yang melakukan work from home,” ujarnya.

Sejauh ini, langkah konkret yang sudah dilakukan APJII dan akan diterapkan di seluruh Indonesia baru di wilayah Yogyakarta. APJII pengurus wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) sudah berbicara dengan dengan beberapa universitas yang ada di Yogyakarta dan menyatakan kesiapan untuk memfasilitasi koneksi seluruh konten pendidikan di Yogyakarta tersambung dengan  IIX Yogyakarta yang terhubung juga ke 14 IIX yang dimiliki APJII.

“Saat ini memang baru di wilayah Yogyakarta tetapi kami berkomitmen bisa seluruh kampus di Indonesia. Intinya, dari APJII siap untuk memfasilitasi koneksi seluruh konten yang ada di kampus-kampus untuk tersambung dengan IIX di pusat maupun di daerah sehingga memudahkan para pelajar mengakses konten pendidikan dengan cepat,” terang Jamal.

Terlepas dari itu, APJII berharap agar persoalan Covid-19 ini segera berakhir. Masyarakat pun dapat kembali beraktivitas seperti biasa tanpa diliputi rasa khawatir. (red)

Advertisements

Comments are closed.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More