Sinergi FORTI BUMN Dukung Program Digitalisasi Negeri

213

Jakarta, Itech – Teknologi Informasi (TI) menjadi salah satu isu penting yang ramai dibahas berbagai belahan dunia, termasuk Indonesia. Pemanfaatan teknologi informasi dirasa sangat penting untuk segera diimplementasikan terlebih di era digital dan disruptif seperti saat ini.

Berkaca dari hal itu, Forum Teknologi Informasi (FORTI) Badan Usaha Milik Negara (BUMN) menggelar kongres di Raffles Hotel, Jakarta, Rabu (19/12/2018). Kongres FORTI BUMN ini membahas tentang percepatan implementasi tata kelola TI di lingkungan BUMN yang terdiri dari 120 perusahaan untuk dapat berkomunikasi dan sharing knowledge agar dapat mendorong efektivitas pengimplementasian IT, melalui sosialisasi, pendampingan, workshop, dan evaluasi rutin.

Menteri Komunikasi dan Informasi, Rudiantara yang hadir pada kesempatan itu mengapresiasi terselenggaranya FORTI BUMN. Menurutnya, pemerintah memberi dukungan penuh terhadap implementasi TI Digital di tanah air, dengan harapan manfaatnya bisa dirasakan oleh penduduk Indonesia di berbagai bidang.

Rudiantara menargetkan, tahun 2019 seluruh wilayah di Indonesia sudah tersambung dnegan jaringan internet. Dukungan pemerintah lainnya, dalam wujud mempermudah perizinan serta memfasilitasi segala hal yang dibutuhkan.

“Selain memfasilitasi, kita juga melakukan akselerasi. Salah satunya yang sedang kita siapkan adalah kita harus berpikir bagaimana pemerintah melayani masyarakat,” terang Rudiantara.

Sementara itu, SVP Corporate Shared Service, Jeffrey Tjahja Indra menuturkan, tata kelola TI menjadi parameter layanan bisnis Pertamina ataupun aplikasi yang digunakan berjalan dengan baik serta bermanfaat positif bagi perusahaan maupun rakyat Indonesia.

Jeffrey berharap, tata kelola TI digital di Pertamina bisa mendukung kegiatan bisnis Pertamina untuk bisa terus tumbuh dan berkembang. “Kita masuk di era digital transformasi itu merupakan satu tantangan yang sangat besar. Kami bahu membahu akan berjuang supaya digital tranformasi di Pertamina bisa kita laksanakan dan memberikan manfaat bagi bisnis,” ungkap Jeffrey.  (red)