AVEVA Hadirkan Aplikasi Pintar dengan Kecerdasan Buatan

32

Jakarta, Itech – AVEVA, sebagai pemimpin global dalam dunia teknik dan industri software, meluncurkan aplikasi AVEVA Insight OMI. AVEVA Insight OMI merupakan aplikasi pertama di industri yang mengintegrasikan kecerdasan buatan yang dapat bekerja secara langsung/real-time untuk membantu proses pengambilan keputusan pengguna serta meningkatkan operasional secara keseluruhan.

Aplikasi pintar ini memberikan kemudahan kepada para pelaku industri dalam mengimplementasikan kecerdasan buatan di ruang kontrol atau di pabrik, sehingga dapat memberikan deteksi anomali dari data operasional secara nyata/real-time dalam tampilan visualisasi aplikasi OMI yang mudah dipahami. Ini akan memudahkan operator, insinyur, dan manajer operasi dari berbagai industry seperti industri Air dan Air Limbah, Energi, Makanan & Minuman.

Aplikasi AVEVA™ Insight OMI memperkenalkan kemampuan kecerdasan buatan ke dalam AVEVA System Platform, yang sebelumnya bernama Wonderware, dan memberikan peringatan dini sebagai prediksi dan deteksi otomatis terhadap perilaku operasional yang tidak biasa. Hal ini memberikan peringatan dini kepada pengguna sehingga mereka dapat dengan cepat mengambil tindakan sebelum menjadi masalah yang lebih kritis seperti unplanned downtime dan mengakibatkan kerugian bagi bisnis.

Aplikasi memiliki antarmuka yang sederhana sehingga memungkinkan tim operasi, pemeliharaan dan produksi untuk dengan cepat membangun model kecerdasan buatan untuk beradaptasi dengan prosedur kerja di dalam perusahaan. Proses konfirmasi yang intuitif memastikan notifikasi dari kecerdasan buatan dapat memenuhi kebutuhan pengguna dan mendukung tujuan organisasi secara keseluruhan, tanpa memerlukan kemampuan programming atau pun data science secara khusus. Hal ini dapat meningkatkan keakuratan prediksi kecerdasan buatan dari waktu ke waktu dan memungkinkan pengguna untuk melihat hal yang kritikal. Saat mendeteksi adanya anomali pada pola data operasional, kecerdasan buatan akan langsung menyajikannya ke dalam aplikasi solusi HMI / SCADA yang ada di organisasi, serta memberikan paparan langsung kepada pengguna.

Aplikasi IIoT telah mendorong peningkatan dalam pengumpulan data operasional dan manufaktur secara nyata. Akibatnya, operator menerima notifikasi yang berlebihan sehingga sulit mengidentifikasi situasi yang benar-benar kritis. Hal ini dapat mengakibatkan hilangnya waktu dan sumber daya operasional. Dengan memanfaatkan kecerdasan buatan dan fitur analitik cloud yang canggih, AVEVA membantu operator untuk mengambil tindakan proaktif, sebelum permasalahan proses dan pemeliharaan terjadi,” komentar Rashesh Mody, Vice President, Monitoring and Control, AVEVA.

“Saat ini banyak permintaan untuk solusi teknologi dengan inovasi baru, peluncuran aplikasi AVEVA Insight OMI kami yang baru adalah pengembangan yang signifikan karena berfungsi sebagai antarmuka tunggal ke dalam kegiatan operasional dan menjembatani kesenjangan teknologi informasi dan teknologi operasional untuk meningkatkan ketangkasan dan kesadaran situasional. Kami sangat bersemangat untuk memperkenalkan solusi yang akan membantu pelanggan kami dalam mengelola operasi kritikal dan meningkatkan dukungan terhadap proses pengambilan keputusan untuk mendapatkan keuntungan maksimal pada situasi saat ini,” ucap Mody.

AVEVA System Platform adalah solusi responsive dan terukur untuk aplikasi pengawasan, SCADA, HMI, serta IIoT yang terintegrasi dengan proses perusahaan. Hal ini memberikan landasan kolaboratif, berbasis standar yang menyatukan aset di semua fasilitas untuk meningkatkan kegiatan operasional yang berkelanjutan dan mendukung proses pengambilan keputusan secara nyata/ real-time. (red)