Adaptasi Normal Baru, Cara Baru untuk Transaksi Bisnis B2B

35

Jakarta, Itech- Serupa dengan apa yang terjadi di bisnis B2C, pentingnya saluran digital untuk pemasok B2B telah tumbuh secara signifikan dalam beberapa tahun terakhir. Selain itu, perusahaan riset pasar, Frost & Sullivan memprediksi penjualan e-commerce B2B global akan mencapai lebih dari $ 6,6 triliun pada tahun 2020, melampaui B2C senilai $ 3,2 triliun pada tahun 2020.

Pemasok B2B telah menyadari bahwa pengalaman pembeli merupakan kunci, dan mereka sekarang cenderung memilih opsi self-service e-commerce. Alasannya adalah karena lebih menghemat waktu, lebih fleksibel dalam menyesuakan jam kerja, menghindari tekanan untuk berbicara dengan sales toko, selain itu juga memungkinkan mereka untuk dapat mencari lebih banyak pilihan daripada yang dilakukan dengan cara konvensional.

Di sisi lain, perusahaan kecil termasuk UMKM sering merasa diacuhkan ketika menyangkut hubungan dengan pemasok, karena selain pemasok atau mitra juga merupakan usaha kecil, pembeli kadang merasa tidak memiliki peran untuk memberikan pengaruh. Maka dari itu bagi mereka, menemukan pemasok yang tepat untuk bermitra adalah salah satu langkah penting yang perlu mereka ambil.

Sebagai platform online B2B terkemuka di Indonesia, Ralali.com dapat menciptakan kemampuan bagi usaha kecil dan pemasok di Indonesia untuk saling memenuhi kebutuhan dalam berdagang dan tumbuh bersama. Terutama dengan banyaknya kegiatan offline yang dibatalkan, serta perlunya minim kontak dan pertemuan tatap muka, para pegiat bisnis kini mengandalkan Ralali.com untuk melakukan dan memulai bisnis secara online.

Misalnya, seperti yang disampaikan oleh Bapak Boediono Ekopoetro Tandu, Marketing Director Glomart, salah satu pemasok makanan frozen pengguna Ralali.com, “Sejak tahun 2017 Glomart memiliki official store di Ralali.com, salah satu yang paling berkesan adalah tim account managernya sangat kooperatif dan responsif dalam membantu penjualan store online kami. Selain itu, Ralali.com dengan berbagai layanannya juga memudahkan kami untuk mendapatkan banyak reseller dan buyer baru.”

Hingga hari ini, Ralali.com mendukung lebih dari sebelas ribu user pemasok dan membantu lebih dari 160 ribu usaha kecil tumbuh dan mendapatkan pasokan langsung dari tangan pertama mereka. Ralali.com juga bermitra dengan organisasi lain, seperti Institut Pertanian Bogor (IPB) untuk memberdayakan petani Jawa Barat dengan platform digital dan fintech. Berbagai penawaran menarik selama kampanye Bangkit Bersama berlangsung, semua user dapat menikmati promo dan keuntungan lainnya dengan mengunjungi halaman ralali.com/ralali-magniseven.