Turnitin Gandeng NewsGuard Tawarkan Tools Literasi Media

63

Jakarta, Itech- Turnitin dan NewsGuard mengumumkan kemitraan yang akan membantu jutaan siswa dan guru untuk menemukan dan menghindari informasi yang salah, memperbaiki kemampuan riset, serta mengembangkan kemampuan literasi media. Pengguna Turnitin sekarang memiliki akses bebas ke ekstensi browser dan mobile apps NewsGuard, membuat mereka bisa membaca tingkat kredibilitas NewsGuard serta rincian Label Nutrisi yang menyediakan latar belakang dan konteks tentang sumber daring yang dapat dipercaya.

“Saat inilah, di masa pandemik Covid-19, sangat penting untuk dapat mengandalkan informasi akurat dari sumber berita, bagi siswa dan pendidik,” jelas Valerie Schreiner, Chief Product Officer Turnitin. “Turnitin selalu berkomitmen untuk mempromosikan integritas dalam melakukan riset dan penulisan. Kerjasama dengan NewsGuard membuat kami memperkuat komitmen dengan menawarkan kepada siswa dan guru sebuah alat untuk membantu mengevaluasi integritas dari sumber berita yang mereka gunakan. Layanan dari kami sangatlah tepat.”

Produk Turnitin sudah digunakan oleh lebih dari 34 juta siswa di 15 ribu institusi pendidikan  menengah dan lanjut di 140 negara. Produk ini untuk mendukung integritas akademik, memeriksa kesamaan teks, mengonfirmasikan siapa penulisnya, dan untuk membantu guru dan siswa dalam mengembangkan kemampuan berpikir secara orisinil. Kemampuan riset dan menulis secara orisinil itu, bukan hanya tentang cara menggunakan dan mengutip karya dengan benar, namun juga bagaimana mengevaluasi kredibilitas dari sumber.

“Kami melihat ini sebagai pasangan sempurna,” ujar Gordon Crovitz, co-CEO NewsGuard. Sejak awal, misi kami telah membantu banyak orang untuk membedakan sumber yang dapat dipercaya dan sumber daring lainnya yang punya maksud tersembunyi, mempublikasikan informasi tidak benar, atau untuk menyebarkan hoax. Kami telah banyak mendengar dari para guru bagaimana NewsGuard berperan penting dalam membantu siswa menemukan sumber yang berisi berita benar dan berintegritas saat menyelesaikan riset dan penulisannya, dan bagaimana dapat menghindari sumber yang tidak baik. Dengan memberikan informasi sedemikian rupa kepada jutaan siswa dan guru Turnitin, merupakan langkah penting bagi kami dalam meningkatkan misi kami selanjutnya. (red)