PDDikti Mobile, Rujukan Informasi Perguruan Tinggi

23

Jakarta, Itech- Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti) Mohamad Nasir meluncurkan aplikasi pencarian data perguruan tinggi bernama “PDDikti Mobile”. Aplikasi ini hadir sebagai rujukan informasi perguruan tinggi dan memberikan kemudahan bagi para pengguna yang ingin mengakses informasi data seputar perguruan tinggi serta civitas akademika dimanapun dan kapanpun.

”Aplikasi PDDikti Mobile memiliki beberapa fitur pencarian seperti pencarian data perguruan tinggi dan data program studi. Selain itu, terdapat fitur capaian pembelajaran hingga okupasi/karir yang akan segera menyusul pada aplikasi tersebut,” tutur Menristekdikti dalam Konferensi Pers Pengumuman Hasil Seleksi Jalur SBMPTN 2019 di Jakarta pada Selasa (9/7).

Semua data yang ditampilkan pada aplikasi PDDikti Mobile berasal dari pelaporan data perguruan tinggi yang telah dilaporkan oleh masing-masing perguruan tinggi. Selain itu, pada aplikasi ini juga terdapat data akreditasi perguruan tinggi dan program studi dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT).

Aplikasi PDDIKTI mobile sudah dapat diunduh melalui Play Store secara gratis dan akan segera bisa diunduh melalui App Store.

Direktur Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan Ismunandar menambahkan PDDikti Mobile merupakan aplikasi untuk mencari informasi terkait perguruan tinggi di Indonesia dan data program studi yang bisa dipilih mahasiswa agar kedepannya mahasiswa memilih perguruan tinggi dan program studi yang terakreditasi dan terverifikasi.

“PDDikti Mobile adalah untuk masyarakat khususnya mahasiswa untuk mencari informasi terkait data perguruan tinggi, data program studi, dan informasi mengenai akreditasi perguruan tinggi yang mereka pilih,” tambah Ismunandar.

Pengguna tinggal melakukan pencarian dalam aplikasi tersebut, dengan cara masuk ke dalam menu pencarian kemudian isi kolom daftar nama perguruan tinggi diikuti dengan mengisi nama program studi. Untuk memudahkan pencarian yang lebih spesifik silahkan mengisikan kolom provinsi/kota perguruan tinggi. Setelah kolom diisi maka data akan muncul dan memberikan informasi umum dari perguruan tinggi maupun program studi.

Turut hadir pada acara tersebut Sekretaris Jenderal Kemenristekdikti Ainun Na’im, Ketua LTMPT Ravik Karsidi, Ketua MRPTNI Kadarsyah Suryadi, Wakil Ketua LTMPT Joni Hermana, dan Kepala Biro Kerjasama dan Komunikasi Publik Nada Marsudi. (red/J)