Lintasarta Bangun Command Center Pertama di Mimika Papua

145

Jakarta, Itech – Lintasarta mensupport Pemkab Mimika, Provinsi Papua,membangun Mimika Command Center (MCC) yang merupakan command center pertama di Papua. Tujuan pembangunan MMC untuk membantu perkembangan Ibu Kota Kabupaten Mimika, Timika, Papua. Pembangunan MCC ini sejalan dengan tagline Lintasarta Empowering Your Future yang mendorong kemajuan bangsa untuk masa depan yang lebih baik.

“Dukungan penuh yang diberikan Lintasarta menunjukkan konsistensi dalam mendukung program pemerintah dalam mengimplementasikan Smart City di Tanah Air,” papar General Manager Corporate Secretary Lintasarta Ade Kurniawan, dalam keterangan pers-nya.

Selain Command Center, terdapat 10 unit Closed Circuit Television (CCTV) yang dipasang di 10 titik lampu lalu lintas dan 2 unit CCTV di kantor pusat pemerintahan Timika yang terhubung ke MCC, jaringan komunikasi yang menghubungkan 34 Organisasi Perangkat Daerah (OPD), Video Conference yang digunakan untuk berkomunikasi dengan distrik-distrik hingga OPD, penyewaan Bandwidth Internet yang dipusatkan di Data Center Kominfo dan MCC, serta platform yang dapat mengintegrasikan semua aplikasi OPD dalam satu layar di MCC.

Maka, Mimika Command Center yang terintegrasi dengan CCTV dan semua aplikasi-aplikasi OPD ini diharapkan dapat mengurangi angka kriminalitas dan pelanggaran hukum di kantor pemerintahan pusat hingga di jalan raya, khususnya di Timika.

“Lintasarta akan terus berkomitmen dalam membantu pembangunan negeri di bidang informasi dan komunikasi teknologi dengan berbagai inovasi baru yang dapat membawa Indonesia agar mampu bersaing dengan negara tetangga maupun negara berkembang lainnya,” tegas Ade.

Launching Mimika Command Center turut pula dihadiri Wakil Bupati Mimika Johannes Rettob, Kapolres Mimika AKBP Era Adhinata, Plt. Ketua DPRD Mimika Iwan Anwar, dan Lintasarta Senior Manager Sulampua Area Baginda PH. Simbolon. Dengan keberadaan Mimika Command Center, diharapkan akan membantu Polisi melacak data pelaku kriminal di jalan raya karena nomor plat kendaraan akan terdeteksi oleh sistem Intelligence Video Analytic (IVA) yang terintegrasi ke sistem SAMSAT.

Mimika Command Center menambah daftar kota dan kabupaten yang didukung oleh Lintasarta dalam pengimplementasian Smart City, seperti di Kabupaten Badung, Bali; Kota Batu, Malang; dan Langkat, Sumatera Utara. Sebagai perusahaan yang bergerak di bidang Information and Communications Technology (ICT), Lintasarta terus berinovasi untuk membangun Indonesia yang lebih baik, salah satunya adalah dengan menghadirkan solusi Smart City yang dapat digunakan dari Sabang sampai Merauke.

Pengimplementasian solusi Lintasarta Smart City dimulai dari Masterplan, Infrastruktur yang mencakup Fiber Optic, Data Center dan Command Center, Integrasi Data, Aplikasi seperti Smart Farmer, Smart Tourism, Citizen Request dan e-Tax, Manajemen Perubahan, dan Sosialisasi. (red/ju)