DANA dan HappyFresh Berkolaborasi

79

Jakarta, Itech- Dompet digital DANA dan HappyFresh berkolaborasi sehingga  menjadikan aktivitas berbelanja digital nontunai untuk produk-produk kebutuhan sehari-hari yang berkualitas semakin mudah, praktis, nyaman, dan terjamin keamanannya.

“Kehadiran dompet digital DANA sebagai pendukung transaksi nontunai pada platform online groceries HappyFresh menjadi konfirmasi sekaligus pendorong menguatnya kepercayaan ekosistem ekonomi digital terhadap keandalan dan keamanan DANA.”Darrick Rochili, Chief Innovation Officer (CIO) DANA di Jakarta, kemarin

“DANA sebagai jembatan masyarakat Indonesia menuju Inklusi Keuangan Digital terus berinovasi dalam mengakomodasi berbagai kebutuhan masyarakat. Intensitas masyarakat yang tinggi dalam berbelanja kebutuhan sehari-hari atau groceries menjadikan kolaborasi ini sangat strategis dalam mentransformasi budaya masyarakat dalam bertransaksi sekaligus mendorong gaya hidup digital yang lebih efisien dan produktif, tapi tetap aman,” papar Darrick.

Bagi pengguna dompet digital DANA, terutama kalangan urban yang sangat produktif dan memiliki mobilitas tinggi, kolaborasi dengan HappyFresh memberikan banyak keuntungan. Di tengah agendanya yang sibuk dan padat, mereka dapat dengan mudah mengakses aplikasi atau website HappyFresh di manapun dan memilih supermarket atau toko kebutuhan khusus yang menjadi preferensinya untuk berbelanja. Setelah memilih produk-produk yang ingin dibeli, pengguna DANA dan pelanggan HappyFresh dapat melakukan pembayaran digital nontunai menggunakan dompet digital DANA. Sebagai proses lanjutan, HappyFresh akan mengirimkan produk-produk pesanan yang freshly handpicked melalui layanan antar yang cepat.

“Menggunakan DANA sebagai metode pembayaran, pelanggan HappyFresh bisa memanfaatkan fitur Card Binding (penyimpanan kartu debit dan kartu kredit) yang menjadi salah satu keunggulan DANA. Melalui fitur ini, pelanggan HappyFresh dapat menggunakan kartu kredit atau kartu debit yang telah terverifikasi dan tersimpan di dalam dompet digital DANA sebagai sumber dana untuk pembayaran belanjanya. Transaksi ini lebih praktis. Pengguna tak perlu melakukan top up saldo dan DANA menjamin 100% keamanannya,” Darrick menjelaskan.

Ia menambahkan, “Kehadiran dompet digital DANA sebagai metode pembayaran nontunai di HappyFresh, menjadi salah satu inovasi DANA di bidang online groceries untuk pertama kalinya. DANA sebagai platform transaksi digital yang accessible, membuka kesempatan untuk berkolaborasi dengan lebih banyak pihak untuk dapat mewujudkan budaya nontunai yang makin inklusif di Indonesia.”

Kolaborasi antara DANA dengan HappyFresh sebagai pionir aplikasi belanja kebutuhan keseharian online di Indonesia diharapkan dapat semakin mempermudah masyarakat dalam memenuhi kebutuhannya. DANA sebagai dompet digital Indonesia dapat memperkaya opsi pembayaran yang tersedia di HappyFresh. DANA menjamin keamanan transaksinya, HappyFresh menjamin kualitas produk yang dipesan dalam kondisi freshly handpicked layaknya pengguna membeli langsung dari supermarket ataupun toko pilihannya.

Fajar Budiprasetyo, CTO dan salah satu Co-Founder HappyFresh Group, mengatakan “Kolaborasi ini menggambarkan aksesibilitas serta kapabilitas HappyFresh yang makin meningkat, beragam pilihan yang disediakan dari preferensi retailer, slot waktu pengantaran serta pilihan metode pembayaran yang beragam. Tentunya dengan semakin meningkatnya layanan yang diberikan hal ini dilakukan untuk mempermudah masyarakat dalam memenuhi kebutuhan kesehariannya. Sejak hari pertama kami beroperasi kepuasan pelanggan adalah prioritas kami.” Lebih lanjut, kolaborasi ini merupakan inovasi perdana bagi HappyFresh untuk memberikan solusi bagi pelanggan yang belum memiliki akses kartu kredit. Selain itu, opsi pembayaran e-wallet ini memudahkan pelanggan tanpa perlu repot menyediakan uang tunai.

“Semakin meningkatnya tren gaya hidup digital perlahan sudah banyak masyarakat yang beralih ke channel pembayaran nontunai khususnya e-wallet. Apabila diamati dari mayoritas opsi pilihan pembayaran yang dipilih oleh pengguna HappyFresh pada saat check out masih diungguli dengan sistem Cash on Delivery. Hal ini menandakan penetrasi kartu kredit masih belum terlalu besar. Dengan adanya e-wallet opsi pembayaran baru ini menjadi alternatif sistem pembayaran untuk kategori nontunai.” ujar Fajar.

HappyFresh telah bekerja sama dengan lebih dari 150 supermarket dan toko-toko khusus yang berlokasi di Jakarta, Depok, Tangerang, BSD, Bekasi, Bandung, Surabaya dan Malang. Melalui HappyFresh, pengguna DANA dapat bertransaksi untuk membeli beragam produk kebutuhan harian mereka, seperti produk-produk organik, kue, bunga, makanan untuk binatang peliharaan, serta suplemen kesehatan dari mitra HappyFresh.

“Kami berharap kolaborasi DANA dan HappyFresh menjadi edukasi yang positif bagi masyarakat luas bahwa kompetensi ekonomi digital relevan untuk semua model bisnis, tidak hanya toko-toko online, tapi juga toko-toko offline. Keberadaan platform digital seperti DANA dan HappyFresh adalah sebagai infrastruktur pembayaran dan enabler terselenggaranya transformasi digital di Indonesia,” pungkas Darrick. (red)