Akses Jarak Jauh Celah Bagi Para Scammer

130

Jakarta, Itech- Meski terdengar paradoks, namun permintaan halus adalah salah satu cara paling sederhana untuk mendapatkan akses ke komputer Anda. Penyusup akan menggunakan segala macam dalih, mulai dari pemecahan masalah teknis hingga (ironisnya) investigasi kejahatan siber. Pelajari trik apa saja yang mungkin mereka gunakan dan alasan mengapa mereka tidak pernah dapat dipercaya.

Suatu hari Anda menerima panggilan telepon dari seseorang yang mengaku dan memperkenalkan diri sebagai spesialis dukungan teknis dari perusahaan perangkat lunak terkenal. Kemudian mereka mengatakan bahwa komputer Anda memiliki masalah serius yang harus segera ditangani. Untuk tujuan itu, Anda harus menginstal program utilitas khusus dan memberikan para penyusup tersebut akses jarak jauh menuju sistem Anda. Apa yang salah dari hal tersebut?

Dalam skenario terbaik seperti, “dukungan teknis” akan membutuhkan beberapa aktivitas pemecahan masalah yang kemudian membebani Anda dengan biaya mahal, seperti yang dilakukan beberapa orang cerdik dari India beberapa waktu lalu. Setelah akses jarak jauh diaktifkan, mereka akan menginstal perangkat lunak tidak jelas pada komputer target dan meminta bayaran atas “pekerjaan yang tidak pernah di minta sebelumnya”.

Klien British Provider BT adalah contoh nyata yang tidak begitu beruntung: Para pelaku kejahatan siber mencuri data keuangan dan mencoba menarik sejumlah uang dari rekening mereka. Lebih parahnya, dalam banyak kasus, para scammers menargetkan pengguna yang memiliki masalah terhadap koneksi dan sebelumnya telah menghubungi provider mereka untuk mendapatkan bantuan. Terkadang dalih “dukungan teknis” dapat memengaruhi target jauh lebih baik, ditambah jika menggunakan informasi nama, alamat, nomor telepon, dan data pribadi korban mereka.

Seringkali para scammers tidak memanggil tetapi justru mendesak Anda untuk memanggil mereka. Misalnya, mereka mungkin mengklaim Anda perlu memperbarui langganan untuk beberapa perangkat lunak dan kemudian permintaan untuk membantu menginstalasi pembaruan tersebut. Belum lagi situs web palsu yang mungkin Anda temui secara tidak sengaja saat mencari solusi permasalahan. (red)